kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,23   6,87   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Maybank bukukan laba bersih sebesar RM 6,48 miliar sepanjang 2020


Senin, 01 Maret 2021 / 10:00 WIB
Maybank bukukan laba bersih sebesar RM 6,48 miliar sepanjang 2020
ILUSTRASI. Suasana pelayanan nasabah di Maybank Jakarta


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi telah memberikan dampak bagi industri perbankan di kawasan Asia Tenggara. Hal tersebut juga terjadi pada Maybank yang membukukan laba bersih senilai RM 6,48 miliar sepanjang 2020. Nilai itu turun 20,98% year on year (yoy) dari 2019 sebesar RM 8,20 miliar.

Penurunan itu terjadi, sehubungan Maybank Group harus membukukan secara signifikan net impairment loss yang lebih tinggi. Lantaran dampak lanjutan dari pandemi Covid-19.

Kendati demikian, hal ini sebagian telah diimbangi oleh pendapatan operasional bersih yang lebih tinggi dan pengurangan biaya overhead.

Chairman dan Group President & CEO Maybank Maybank Chairman, Tan Sri Dato 'Sri Zamzamzairani Mohd Isa mengatakan bahwa terlepas dari tantangan yang disebabkan pandemi Covid-19, Grup telah mampu menunjukkan ketahanan dan kemampuannya untuk tetap bergerak dalam mengelola risiko maupun disrupsi lain yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Baca Juga: Sarana Menara Tower (TOWR) dapat fasilitas pinjaman Rp 500 miliar dari Maybank

“Prioritas utama kami ke depan adalah terus fokus pada keberlanjutan finansial kami dan menciptakan nilai bagi jutaan stakeholders’ kami. Kami akan segera melanjutkan rencana M25 Grup yang akan menetapkan roadmap dan sasaran strategis kami lima tahun ke depan untuk mendorong kami ke tingkat berikutnya dan mempercepat pertumbuhan kami. Kami yakin bahwa rencana ini dapat membantu Grup untuk menjalankan bisnis sesuai tatanan dunia baru dan membangun jaringan yang lebih kuat di kawasan ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Senin (1/3).

Adapun laba sebelum pajak pada 2020 turun menjadi RM 8,66 miliar dari RM11,01 miliar pada tahun sebelumnya. Terlepas dari tahun yang penuh tantangan, Grup mencatat pendapatan operasional bersih yang stabil atau lebih tinggi 0,1% menjadi RM24,76 miliar dari tahun lalu.

Hal ini disebabkan oleh peningkatan sebesar 12,3% yoy pada total pendapatan berbasis biaya bersih menjadi RM8,11 miliar, terutama berasal dari pendapatan asuransi dan investasi bersih yang lebih tinggi. Sebab Maybank mampu mendapatkan keuntungan dari return yang lebih baik.

Lebih lanjut, kenaikan pada pendapatan berbasis biaya bersih sebagian juga tergerus oleh penurunan 4,9% pada total pendapatan berbasis dana bersih menjadi RM1 6,65 miliar. Hal ini disebabkan penurunan margin bunga bersih sebesar 17 basis poin (bps) secara tahunan karena penurunan pinjaman dan security yields.




TERBARU

[X]
×