Reporter: Ferry Saputra | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mayoritas pendapatan premi PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) berasal dari produk unitlink atau Produk Asuransi yang Dikaitkan dengan Investasi (PAYDI).
Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia Hasinah Jusuf mengatakan produk unitlink masih menjadi kontributor terbesar pendapatan premi Allianz Life dengan porsi sebesar 70% terhadap keseluruhan pendapatan premi perusahaan per Juni 2025.
"Porsinya mengalami sedikit penurunan, jika dibandingkan dengan porsi pendapatan premi unitlink per Juni 2024 yang sebesar 74%," ungkapnya kepada Kontan, Kamis (21/8).
Jika menilik laporan keuangan yang dipublikasikan di situs perusahaan, Allianz Life mencatatkan total pendapatan premi sebesar Rp 8,19 triliun per Juni 2025. Nilai itu meningkat 4,20%, jika dibandingkan posisi per Juni 2024 yang sebesar Rp 7,86 triliun.
Baca Juga: Kinerja Unitlink Saham Tertekan di Juni 2025, Allianz Life Beberkan Prospeknya
Hasinah mengatakan kontribusi unitlink terhadap pendapatan premi perusahaan menunjukkan bahwa produk unitlink masih tetap diminati. Dia bilang hal itu juga menunjukkan kebutuhan perlindungan nasabah Allianz Life yang beragam.
Allianz life masih optimistis produk unitlink masih akan diminati ke depannya. Oleh karena itu, Hasinah mengungkapkan Allianz Life akan tetap berkomitmen untuk menjawab segala kebutuhan perlindungan nasabah, termasuk melalui produk unitlink.
"Kami optimistis bahwa minat masyarakat terhadap unitlink sendiri tetap kondusif dan Allianz Life akan terus menyediakan produk unitlink bagi setiap lapisan masyarakat. Oleh karena itu, Allianz Life akan terus memaksimalkan pertumbuhan bisnis produk unitlink ke depannya," tuturnya.
Ke depannya, Hasinah menerangkan Allianz Life akan terus berinovasi pada penyediaan rangkaian produk, rider, fund yang unggul, dan inovatif, sesuai dengan kebutuhan nasabah yang berbeda-beda.
Dia menjelaskan unitlink merupakan produk yang fleksibel dengan pilihan perlindungan yang komprehensif, sehingga menjadikan produk tersebut dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat karena memberikan manfaat yang lengkap dan menarik.
Baca Juga: Allianz Life Sebut Gejolak Geopolitik Dapat Pengaruhi Kinerja Unitlink
Untuk menggenjot kinerja unitlink ke depannya, Hasinah menyebut pihaknya akan memaksimalkan strategi. Salah satunya adalah meningkatkan kualitas teknologi untuk meningkatkan pengalaman nasabah dan distributor lewat tenaga pemasar dan mitra bank.
Seiring masih rendahnya tingkat penetrasi asuransi di Indonesia, Allianz Life juga terus memperkuat dan memperluas jaringan mitra bisnis perusahaan.
"Dengan dukungan kolaborasi itu, pertumbuhan bisnis pada produk unitlink akan makin bertumbuh seiring dengan meningkatnya pemahaman nasabah terhadap pentingnya perlindungan asuransi," kata Hasinah.
Selanjutnya: Bisnis Barbershop Premium Kian Ramai, Marco's Chop Shop Buka Cabang Baru
Menarik Dibaca: Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (22/8), Provinsi Ini Siaga Waspada Hujan Lebat
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News