kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Memburu dana murah, perbankan menyasar generasi milenial


Kamis, 08 Maret 2018 / 07:02 WIB
Memburu dana murah, perbankan menyasar generasi milenial
ILUSTRASI. Channel Cinta BNI


Reporter: Yoliawan H | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank mengincar generasi muda atau kaum milenial untuk memperluas sumber dana murah seperti tabungan. Bank menawarkan konsep tabungan dengan layanan digital yang kekinian.

Corina Leyla, Senior Vice President PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengatakan, segmen pasar generasi muda potensial untuk digarap. Komposisi tabungan BNI saat ini sebesar 20% disumbangkan oleh segmen milenial. Dalam beberapa tahun ke depan diharapkan populasi ini dapat menjadi kontributor utama pada portofolio tabungan BNI.

Untuk menggenjot pasar milenial, BNI menyediakan berbagai macam produk yang disesuaikan dengan segmen ini seperti Taplus / Taplus Pegawai, Taplus Muda 3 dan juga menawarkan kartu desain bebas untuk mengekspresikan eksistensi dan keinginan nasabah milenial.

Handayani, Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyatakan, saat ini kaum milenial sudah sangat terbuka dalam mendapatkan informasi tentang produk finansial, Banyak dari mereka yang sudah memulai wirausaha sejak usia muda dan ini merupakan target BRI.

Untuk itu BRI telah menyiapkan produk tabungan yang cocok dengan kaum milenial seperti tabungan britama, tabungan junior, tabungan britama berjangka dan saat ini sedang menyiapkan tabungan siMuda.

Sebelumnya, BRI menargetkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) sekitar 10% di tahun ini. Sebagai gambaran, per Desember 2017, rasio dana murah tabungan dan giro atau current account and savings account (CASA) BRI sebesar 60,65%, sedikit lebih baik dari tahun 2016 sebesar 60,57%

Secara total, DPK BRI per Desember 2017 mencapai Rp 803,3 triliun, tumbuh 9,28% dari tahun sebelumnya. Rp 735,1 triliun.

Lani Darmawan, Direktur Bisnis Konsumer CIMB Niaga mengatakan, walaupun awal saldo bisa jadi relatif kecil, tapi investasi nasabah milenial dalam jumlah massal sangat baik untuk dana murah. Harapannya, rasio dana murah CIMB Niaga dapat terus meningkat dari posisi saat ini sebesar 53%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×