kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Produk Pegadaian Segmen Ultra Mikro


Kamis, 07 Desember 2023 / 15:27 WIB
Mengenal Lebih Dekat Apa itu Produk Pegadaian Segmen Ultra Mikro


Reporter: Tim KONTAN, Vina Elvira | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Jakarta.  PT Pegadaian berkomitmen untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahanya, melalui produk pengajuan pinjaman untuk kelas usaha ultra mikro hingga usaha kelas menengah.

Pegadaian merupakan salah satu bagian dari Holding Ultra Mikro, bersama BRI dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM);.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mengatakan,  secara segmen, pihaknya melayani mulai dari kelas ultra mikro hingga ke kelas usaha menengah. Namun apabila berbicara tujuan penggunaan uangnya terbagi dua, yakni produktif dan konsumtif.

Menurut Yudi, penggunaan produktif itu bisa ditujukan untuk pengembangan usaha maupun pembelian perlengkapan yang tujuannya untuk produksi.

“Sedangkan untuk kebutuhan konsumtif ditujukan untuk keperluan lainnya, seperti untuk berwisata dan pembelian gadget,” ungkap Yudi, kepada Kontan.co.id, Minggu (26/11).

Target pasar yang dibidik Pegadaian untuk memanfaatkan produk ini adalah masyarakat pelaku UMKM yang usahanya telah berjalan lebih dari satu tahun, dengan tujuan pengembangan usaha.

Mekanisme dari penggunaan produk ini juga cukup mudah. Masyarakat atau pelaku usaha dapat langsung melakukan pengajuan pinjaman melalui berbagai channel, bisa datang ke outlet maupun layanan Pegadaian Digital Service (PDS).

Setelah itu, tim mikro Pegadaian akan melakukan analisa kelayakan kredit dengan mendatangi tempat usaha calon nasabah tersebut dengan proses analisa maksimal 2-3 hari.

Dia menyatakan, apabila dinilai layak mendapatkan kredit maka nasabah dapat melakukan penandatanganan perjanjian kredit di outlet pengajuan.  Nah, dana pinjaman dapat diterima secara tunai maupun  non tunai.

Sedangkan untuk jenis produknya dibagi berdasarkan rentang uang pinjamannya, yaitu Produk Pembiayaan Usaha KREASI Ultra Mikro untuk rentang uang pinjaman Rp 1 juta-Rp 20 juta dan

Produk Pembiayaan Usaha KUPEDES Pegadaian untuk rentang uang pinjaman Rp 21 juta-Rp 200 juta.

Saat ini jumlah Nasabah Aktif Produk pembiayaan usaha KUPEDES pegadaian sebesar: 31.036 orang (Oktober 2023) dengan rata-rata ticket size sebesar Rp 20 juta. Sedangkan untuk KREASI Ultra Mikro sebanyak 230 ribu nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×