kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggarap Ekonomi Berkelanjutan, BRI-MI Meracik Produk Reksadana Hijau


Jumat, 08 September 2023 / 17:47 WIB
Menggarap Ekonomi Berkelanjutan, BRI-MI Meracik Produk Reksadana Hijau
ILUSTRASI. Acara peresmian nama dan logo BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) di Jakarta.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT BRI Manajemen Investasi (BRI-MI) semakin mendukung prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) melalui produk-produk investasi yang mengedepankan prinsip tersebut. 

Salah satu langkah yang telah diambil oleh BRI-MI adalah melalui pengembangan produk Reksa Dana Indeks ESG yaitu Reksa Dana Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A (Reksa Dana ESG Indeks Kelas A).

Chief Investment Officer (CIO) BRI-MI Herman Tjahjadi, mengatakan inovasi produk ESG BRI-MI dilakukan dengan menempatkan fokus pada perusahaan yang memiliki komitmen kuat terhadap praktek keberlanjutan (sustainability) dan tanggung jawab sosial.

“ini termasuk untuk merespon pertumbuhan investor ESG yang tinggi serta menjawab keinginan investor untuk menggabungkan pertumbuhan keuangan dengan kepedulian terhadap dampak sosial dan lingkungan di Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan dipilihnya indeks MSCI Indonesia ESG Screened sebagai indeks acuan karena indeks tersebut sudah dikenal dan diterima oleh masyarakat investor, khususnya mereka yang melakukan pendekatan ESG. Indeks MSCI Indonesia ESG Screened sendiri terdiversifikasi dengan cakupan 17 saham dari 5 sektor.

Dari sisi kinerja year to date (ytd) produk hingga per 04 September 2023, Herman bilang produk Reksa Dana ESG Indeks Kelas A mencatatkan kinerja positif dengan return sebesar 8,57%. 

Baca Juga: Mandiri Tunas Finance Terbitkan Obligasi Rp 1,13 Triliun, Segini Bunganya

Angka tersebut berada di atas kinerja IHSG dan rata-rata Reksa Dana Saham di Industri (Infovesta Equity Fund Index), yang masing-masing memiliki nilai return sebesar 2,13 % dan -0,17%.

Terakhir, Herman bilang Reksa Dana ESG Indeks Kelas A bisa menjadi alternatif investasi bagi investor, termasuk investor pemula. Hal ini karena harganya terjangkau dengan minimal pembelian sebesar Rp10.000.

Selanjutnya: Turun di Akhir Perdagangan Pekan Ini, Begini Review Pergerakan IHSG dalam Sepekan

Menarik Dibaca: Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Penanganan Alergi Susu yang Terjadi pada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×