kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik persiapan BPD bermodal mini penuhi ketentuan modal inti


Rabu, 25 Agustus 2021 / 07:15 WIB
Menilik persiapan BPD bermodal mini penuhi ketentuan modal inti


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Pembangunan Daerah (BPD) tak terkecuali dalam aturan modal inti minumum yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni sebesar Rp 3 triliun. Hanya saja, bank-bank daerah ini diberi kelonggaran untuk mencapai itu hingga tahun 2024.

Sementara  berdasarkan penelusuran Kontan.co.id, terdapat sekitar 12 BPD lagi yang masih memiliki modal inti di bawah Rp 3 triliun per Maret 2021.

Bank-bank tersebut di antaranya Bank Lampung, Bank Bengkulu, Bank Jambi, Bank Sulteng, Bank Banten,  Bank Sulutgo, Bank Kalteng, Bank NTB Syariah, Bank NTT, Bank Kalsel, Bank Kalbar, dan Bank Papua.

Untuk memenuhi itu, BPD didorong melakukan konsolidasi jika memang pemerintah provinsi dan pemerintah daerah sebagai pemegang sahamnya kesulitan menambah modal. Salah satu opsi yang diusulkan OJK, konsolidasi bisa dilakukan lewat skema Kelompok Usaha Bersama (KUB).

Baca Juga: Bank cilik diminati banyak investor asing

"Harapannya, konsolidasi perbankan dengan membentuk KUB dapat menjadi pilihan bagi bank yang masih belum memenuhi modal inti Rp 3 triliun. KUB. Jadi ada satu bank besar yang akan menaungi bank-bank ini sehingga tidak perlu menambah modal karena bank kecil ini tetap di-cover oleh induknya, baik likuiditas dan solvabilitasnya," kata Heru Kristiyana Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK dalam paparan virtual, Senin (23/8).

Sebelumnya, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Bambang Widjanarko mengatakan, OJK sudah melakukan komunikasi dengan pemegang saham maupun pengurus BPD terkait pemenuhan permodalan tersebut meskipun tenggak waktunya masih tahun 2024.

Terkait dengan konsolidasi tersebut, kata Bambang, OJK menginginkan nantinya ada skema KUB di mana ada satu perbankan besar yang bisa mengayomi bank-bank daerah tersebut.

Sehingga konsolidasi tidak hanya dimungkinkan dengan merger antara BPD BUKU II tetapi ada bank besar yang mengayomi bank di bawahnya.




TERBARU

[X]
×