kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski BOPO melandai, APPI mengingatkan multifinance lebih efisien dalam berbisnis


Senin, 19 Agustus 2019 / 19:54 WIB
Meski BOPO melandai, APPI mengingatkan multifinance lebih efisien dalam berbisnis
ILUSTRASI. Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rasio biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) multifinance menyusut di semester I 2019. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, rasio BOPO multifinance pada semester I 2019 sebesar 79,41%, turun dari periode sama tahun 2018 yang mencapai 80,37%.

Walau sudah turun, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menilai, pelaku usaha pembiayaan di Indonesia harus meningkatkan efektifitas dalam menjalankan bisnisnya. Maklum, tantangan industri ini masih cukup besar pada tahun 2019.

Baca Juga: BCA Finance targetkan BOPO di angka 34,8%, ini strateginya

"Pertumbuhan piutang menjadi tantangan karena penjualan roda empat dan roda dua turun, meskipun kualitas asset booking membaik,” ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno
kepada Kontan.co.id.

Menurut Suwandi, peningkatan beban sebenarnya terbilang wajar sejalan dengan potensi peningkatan bisnis yang diincar. Asalkan peningkatan beban tersebut bisa membuahkan pendapatan yang lebih besar.

"Wajar karena beban paling besar adalah biaya operasional antara lain gaji karyawan yang setiap tahun ada adjustment," katanya.

Asal tahu saja, BOPO menjadi indikator mengenai efisiensi perusahaan pembiayaan dalam menjalankan usahanya.

Baca Juga: Semester I 2019, BOPO Mandiri Tunas Finance naik menjadi 72,15%

Rasio BOPO multifinance yang melandai seiring makin membaiknya pendapatan yang dikantongi pelaku usaha multifinance. Di sisi lain, perusahaan pembiayaan pun terus mencoba menekan kenaikan beban yang harus ditanggung.

Suwandi mengatakan, cara yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan adalah dengan pencarian sumber dana yang paling kompetitif. Selain itu juga lewat penggunaan teknologi.

“Biaya operasional dijaga dan kualitas piutang yang sehat,' jelas Suwandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×