kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,56   -11,21   -1.17%
  • EMAS944.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.64%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Obligasi Adira Finance Raih Peringkat idAAA dari Pefindo


Jumat, 14 Januari 2022 / 13:45 WIB
Obligasi Adira Finance Raih Peringkat idAAA dari Pefindo
ILUSTRASI. Petugas Adira Finance melayani Konsumen ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk kredit korporasi Adira Finance dan Obligasi Berkelanjutan III – V yang masih beredar, termasuk Obligasi Berkelanjutan III/2015 Tahap V/2017 Seri C senilai Rp 241 miliar yang akan jatuh tempo. 

Pefindo juga menegaskan peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Berkelanjutan II – IV yang masih beredar, termasuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan II/2015 Tahap III/2017 Seri C senilai Rp7 miliar yang akan jatuh tempo pada 22 Maret 2022. 

Perusahaan siap melunasi obligasi dan sukuk tersebut didukung oleh dana kas dan setara kas sebesar Rp1,6 triliun pada akhir September 2021 dan penerimaan angsuran atas piutang pembiayaan sekitar Rp 4,0 triliun per bulan. 

Baca Juga: OJK Sebut Masih Ada Multifinance yang Belum Penuhi Batas Minimal Permodalan

"Kemampuan emiten untuk memenuhi kewajiban keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut dibandingkan emiten Indonesia lainnya adalah superior," kata Pefindo, dalam keterangan resmi, Jumat (14/1). 

Peringkat mencerminkan dukungan yang sangat kuat dari induk tertinggi perusahaan (ultimate parent), MUFG Bank, Ltd, pangsa pasar yang sangat kuat di industri pembiayaan kendaraan bermotor, portofolio bisnis yang terdiversifikasi dengan baik, dan permodalan yang sangat kuat. 

Namun, peringkat dibatasi profil kualitas aset dan profitabilitas yang moderat.  Peringkat dapat diturunkan jika terdapat bukti material terkait penurunan dukungan dari MUFG Bank, yang dapat dipicu dari pelemahan posisi bisnis Adira Finance, penurunan profil kualitas aset dan profitabilitas secara signifikan dan berkelanjutan.  

Selanjutnya: Sandiaga Uno Sebut Ada 1.831 Desa Wisata yang Berpotensi Tarik Wisatawan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×