kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.707.000   -1.000   -0,06%
  • USD/IDR 16.310   25,00   0,15%
  • IDX 6.803   14,96   0,22%
  • KOMPAS100 1.005   -3,16   -0,31%
  • LQ45 777   -4,08   -0,52%
  • ISSI 212   1,22   0,58%
  • IDX30 402   -2,62   -0,65%
  • IDXHIDIV20 484   -3,58   -0,73%
  • IDX80 114   -0,52   -0,46%
  • IDXV30 119   -0,94   -0,79%
  • IDXQ30 132   -0,40   -0,30%

OJK Catat Iklan yang Paling Banyak Melanggar Berasal dari Sektor PVML


Jumat, 21 Februari 2025 / 07:43 WIB
OJK Catat Iklan yang Paling Banyak Melanggar Berasal dari Sektor PVML
ILUSTRASI. Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK saat Kick Off Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Nagari Sumpur, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Kamis (22/6).


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat iklan dari sektor Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) yang paling banyak melanggar hingga kuartal III-2024. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menerangkan sampai kuartal III-2024, OJK menemukan 229 iklan melanggar dari total 14.481 iklan yang dilakukan pemantauan atau porsinya sebesar 1,58%. 

Baca Juga: Selain Pegadaian, Belum Ada LJK di Bidang PVML yang Ajukan Izin Bisnis Bullion

"Iklan melanggar paling banyak ditemukan dari sektor PVML sebanyak 99 dari total 3.536 iklan atau porsinya sebesar 2,80%," katanya dalam lembar jawaban resmi Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2025, Kamis (20/2).

Friderica mengatakan pelanggaran yang paling banyak ditemukan di sektor PVML, yakni pernyataan berizin dan diawasi oleh OJK dan pencantuman logo OJK. Selain itu, ditemukan pelanggaran terkait informasi yang dapat membatalkan manfaat yang dijanjikan pada iklan, misalnya tidak mencantumkan periode promo.

"Penemuan lainnya, yakni adanya tautan spesifik untuk iklan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut," ujarnya.

Baca Juga: OJK Tetapkan Sejumlah Peraturan di Sektor PVML,Ini Rinciannya

Lebih lanjut, Friderica menyampaikan iklan merupakan salah satu pintu masuk bagi konsumen sebelum menggunakan produk dan layanan jasa keuangan. Oleh karena itu, dia menekankan iklan harus memenuhi kriteria jelas, akurat, jujur, mudah diakses, dan tidak menyesatkan. 

Dengan demikian, konsumen bisa mendapatkan Informasi yang lengkap dan transparan, sehingga pada akhirnya dapat mengambil keputusan yang sesuai dan bijak dalam menggunakan produk dan layanan keuangan.

Selanjutnya: Sanken Argadwija akan Tetap Ekspansi

Menarik Dibaca: Promo JSM Indomaret Periode 21-23 Februari 2025, Kurma-Mama Lemon Diskon s/d 25%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×