kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK dorong inovasi keuangan digital pada sektor jasa keuangan


Jumat, 07 Mei 2021 / 13:15 WIB
OJK dorong inovasi keuangan digital pada sektor jasa keuangan
ILUSTRASI. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berkembangnya ekosistem keuangan digital mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menerbitkan Roadmap Inovasi Keuangan Digital (IKD) dan rencana aksi 2020-2024.

Dalam roadmap tersebut, terdapat tiga strategi regulasi dan supervisi dalam mendukung inovasi keuangan digital di Indonesia. Selain itu, adapula strategi rencana aksi OJK dalam mendorong IKD.

"Roadmap ini diharapkan dapat berguna untuk mewujudkan industri jasa keuangan yang berdaya saing dan sesuai dengan kebutuhan masa depan, ujar Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK dalam keterangan resmi, Jumat (7/5).

Baca Juga: Regulasi OJK mengenai fintech syariah diharapkan buka ruang inovasi dan kolaborasi

Terkait dengan tiga strategi regulasi dan supervisi, OJK akan melakukan pengembangan kerangka kerja yang mendukung IKD. OJK juga menerapkan regulasi yang agile dalam artian melakukan pendekatan principle based terhadap regulasi IKD. Terakhir, akan ada pengawasan pada market conduct oleh OJK.

Untuk mendorong IKD, rencana aksi yang akan dilakukan OJK ialah meningkatkan perlindungan konsumen di era digital, perlindungan data konsumen, meningkatkan regulasi dan pengawasan fintech termasuk penggunaan teknologi regulasi, dan peningkatan dialog serta dukungan inovasi.

Selain itu, OJK juga akan fokus pada peningkatan perbaikan praktik industri fintech seperti keamanan siber. Adapula peningkatan yang akan dilakukan seperti peningkatan infrastruktur digital, regulasi capacity building untuk mendukung ekosistem fintech.

Selanjutnya: Fintech Wealth Management mendorong perkembangan investor pasar modal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×