kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pacu pertumbuhan KPR, Bank Mandiri luncurkan aplikasi Rumah Idamanku (RIKu)


Kamis, 09 September 2021 / 16:21 WIB
Pacu pertumbuhan KPR, Bank Mandiri luncurkan aplikasi Rumah Idamanku (RIKu)
EVP Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo dan CEO Founder Pinhome Dayu Dara Permata saat peluncuran kerjasama pengembangan aplikasi Rumah IdamanKu (RIKu) di Jakarta, Kamis (9/9).


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus mendorong inovasi digital untuk meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) ke segmen milenial. Hal ini seiring dengan membaiknya tren pertumbuhan di sektor properti.

Terlebih, data Bank Indonesia (BI), sampai dengan Juli 2021 total kredit properti telah mencapai Rp 1.092,8 triliun atau tumbuh 4,9% secara year on year (YoY). Kenaikan tersebut ditopang peningkatan KPR dan kredit pemilikan apartemen (KPA) sebesar 7,4% YoY menjadi Rp 546,8 triliun di bulan Juli 2021. 

Lewat kolaborasi dengan penyedia platform digital Pinhome meluncurkan aplikasi Rumah Idamanku (RIKu), Bank Mandiri untuk permudah nasabah dalam mencari hunian impian. EVP Consumer Loan Bank Mandiri Ignatius Susatyo menjelaskan langkah inovasi ini merupakan bentuk komitmen perseroan untuk secara aktif merespon perubahan perilaku konsumen dan memenuhi kebutuhan transaksi nasabah yang saat ini mulai beralih kelayanan digital. 

“Pandemi Covid-19 membuat nasabah menjadi sulit untuk mencari properti, ditambah lagi marketing properti mengalami keterbatasan ruang gerak karena adanya pembatasan aktivitas di berbagai wilayah. RIKu menjadi solusi yang tepat bagi nasabah yang ingin mencari hunian idaman dan juga membantu broker properti dalam memasarkan listing propertinya,” ujar Satyo dalam keterangan tertulis, Kamis (9/9).

Baca Juga: Bisnis terus tumbuh, berikut strategi fokus bisnis Bank Mandiri ke depan

Ia menyebut, dengan kehadiran RIKu, nasabah dapat menikmati kemudahan dalam melakukan pencarian properti dari broker-broker properti serta aset lelang dan jual cepat Bank Mandiri, hingga mengajukan pembiayaan dengan berbagai penawaran menarik dari Mandiri KPR. 

Lewat aplikasi ini, Bank Mandiri optimistis penyaluran Mandiri KPR dapat turut memacu pertumbuhan yang diproyeksi mencapai Rp 45 triliun di akhir 2021.  Hingga Juli 2021, pembiayaan KPR Bank Mandiri sudah mencapai Rp 44 triliun.

Sementara itu, CEO-Founder Pinhome Dayu Dara Permata menyambut baik peluncuran aplikasi RIKu sebagai inovasi untuk menyuguhkan pengalaman bertransaksi properti yang lebih mudah, cepat, dan terintegrasi dengan layanan KPR atau KPA. 

“Kami sangat bangga bisa bekerjasama dengan Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Kerjasama ini didasari oleh pengamatan adanya kebutuhan perbankan untuk memasarkan dan menyalurkan KPR dan KPA serta ketersediaan listing properti berkualitas,” terang Dara.

Lanjutnya, kehadiran aplikasi RIKu akan memberikan pengalaman bertransaksi properti yang cepat, terintegrasi dengan layanan KPR atau KPA dalam sebuah platform dan mudah diakses oleh masyarakat khususnya nasabah Bank Mandiri. 

Pasalnya, nasabah bank Mandiri yang bertransaksi properti lewat RIKu dapat menikmati beragam kemudahan mulai dari pencarian, mengatur jadwal kunjungan, konsultasi, hingga pengajuan KPR atau KPA baik untuk rumah maupun apartemen. Selain itu, seluruh pengajuan pembiayaan kredit melalui aplikasi RIKu akan mendapatkan benefit yang kompetitif.

Dara mengatakan, algoritma Pinhome akan memastikan pengalokasian leads yang adil dan merata untuk para broker properti. Rangkaian proses ini sejalan dengan misi Pinhome untuk memberikan transaksi yang mudah, cepat, dan transparan.

“Melalui Pinhome, kami memungkinkan seluruh informasi dan interaksi yang berkaitan dengan transaksi properti mulai dari pencarian, kunjungan, estimasi dan negosiasi harga, hingga pengajuan kredit terjadi secara online melalui platform yang terautomasi lengkap dengan virtual reality dan algoritma berbasis machine learning,” terang Dara.

Berbekal fitur tersebut, Pinhome memiliki misi untuk membuat properti lebih aksesibel agar masyarakat Indonesia semakin mudah menemukan rumah idamannya dan broker properti dapat semakin meningkat transaksinya dengan segala kemudahan fasilitas pembiayaan yang disediakan Bank Mandiri.

Selanjutnya: Bank Mandiri yakin fungsi intermediasi perbankan membaik hingga penghujung 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×