kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pada Periode Kampanye Pemilu, Lini Asuransi Perjalanan dan Pengiriman Tumbuh Positif


Senin, 19 Februari 2024 / 10:48 WIB
Pada Periode Kampanye Pemilu, Lini Asuransi Perjalanan dan Pengiriman Tumbuh Positif
ILUSTRASI. AAUI menyebut, sejumlah lini asuransi umum tumbuh positif selama periode kampanye./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/24/08/2023.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) menyatakan sepanjang periode kampanye pemilihan umum (Pemilu) yang baru saja dilewati, terjadi kenaikan kinerja di beberapa produk asuransi umum.

Direktur Eksekutif AAUI Bern Dwyanto mengatakan hasil sementara hitung cepat (quick count) tidak secara langsung berdampak ke industri asuransi umum. Menurutnya, di awal-awal kampanye pihaknya melihat ada tren kenaikan pada lini usaha asuransi perjalanan dan pengiriman barang karena naiknya permintaan saat masa kampanye.

“Namun pemilu kali ini jika dilihat spendingnya secara total lebih rendah dibanding dari pemilu-pemilu sebelumnya dikarenakan pada pemilu kali ini banyak pihak yang memanfaatkan media sosial, sehingga baik dari pengadaan barang dan acara agak berkurang,” ujarnya kepada Kontan.co.id, pekan lalu.

Bern mengungkapkan, industri asuransi umum ke depan akan banyak menghadapi tantangan seperti implementasi PSAK117 dan peningkatan modal, namun ini tidak berkaitan langsung dengan hasil dari pemilu.

Baca Juga: Sebanyak 15 Perusahaan Asuransi Belum Memiliki Aktuaris, Begini Tanggapan Asosiasi

“Yang perlu dicermati adalah kemungkinan adanya perlambatan ekonomi dampak dari pemilu di Indonesia dan juga pada saat bersamaan di beberapa negara lainnya juga menyelenggarakan pemilu,” ungkapnya.

Bern menuturkan, pemilu di AS akan berlangsung tahun ini, ditambah lagi dengan pergerakan The Fed. Menurutnya, hal inilah yang mungkin dapat memberikan dampak cukup besar bagi perlambatan ekonomi baik dunia maupun Indonesia.

“Dengan perlambatan ekonomi ini tentunya akan mempengaruhi kinerja industri asuransi umum. Dimana kita ketahui bahwa perkembangan industri asuransi ini erat sekali kaitannya dengan perkembangan perekonomian,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bern menambahkan, pihaknya berharap ada kebijakan yang terus dilanjutkan agar membuat industri ini tumbuh dan kuat serta memperbaiki iklim investasi Indonesia. 

“Kami juga berharap dengan hasil pemilu ini semua pihak dapat menghormati dan sepakat untuk menerima serta mendukung Presiden dan pemerintahan terpilih tanpa adanya kegaduhan yang pastinya akan merugikan stabilitas politik dan perekonomian di Indonesia,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×