kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,82   -7,91   -0.83%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pefindo: Rating Industri Multifinance Mayoritas di Atas A


Selasa, 19 Juli 2022 / 13:34 WIB
Pefindo: Rating Industri Multifinance Mayoritas di Atas A
ILUSTRASI. Rating industri multifinance mayoritas di atas A. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan di industri multifinance yang secara perlahan terlihat tampaknya memberi pengaruh pada penilaian rating dari lembaga pemeringkat, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Sebab, mayoritas peringkat perusahaan multifinance yang jadi portofolio Pefindo memiliki rating di atas A.

Melihat data Pefindo per 14 Juli 2022, setidaknya ada 22 multifinance yang memiliki rating di atas A dari total keseluruhan sebanyak 26 multifinance yang dipublikasikan. Untuk rinciannya, ada 10 multifinance yang kantongi rating AAA, 5 multifinance dengan rating AA, dan menyusul ada 7 multifinance yang memiliki rating A.

Pada periode kuartal II, Pefindo juga telah menaikkan peringkat beberapa multifinance. Beberapa diantaranya adalah PT Mandiri Tunas Finance dan PT Bussan Auto Finance yang awalnya memiliki rating AA berubah menjadi AAA.

Baca Juga: Sejumlah Multifinance Siap Membayar Obligasi Jatuh Tempo

Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Danan Dito pun mengatakan bahwa kenaikan peringkat tersebut dipengaruhi oleh dukungan induk dari perusahaan tersebut ditambah sinergi bisnis yang terjadi dalam grup mereka.

“Ini menjadi sinyal positif dari perkembangan ekonomi juga yang masih terdampak oleh Covid-19, namun dari sisi pendanaan yang dimiliki perbankan maupun grup, ini memberikan dampak positif bagi perusahaannya masing-masing,” ujar Dito dalam konferensi pers, Selasa (19/7).

Sementara itu, Dito pun menambahkan bahwa pihaknya melihat dari kualitas aset beberapa perusahaan multifinance terus berangsur-angsur membaik. Ditambah dengan berkurangnya arus kas dari restrukturisasi yang telah landai.

Baca Juga: Pembiayaan Segmen Mobil Bekas Masih Menjadi Andalan Sejumlah Multifinance

“Kalau yang single A, perubahannya lebih dipengaruhi kondisi pasar dan kinerja keuangan perusahaan tersebut,” ujar Dito.

Meski mayoritas portofolio yang dipublikasikan masih memiliki rating tinggi, memang masih ada beberapa portofolio yang memiliki rating B dengan jumlah 4 perusahaan. Di luar jumlah tersebut, Dito bilang bahwa masih ada beberapa multifinance yang memang memiliki rating B namun tidak dipublikasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×