Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Pegadaian (Persero), Pegadaian Galeri24 berhasil menjual emas 22% dari target tahun ini sebanyak 5,2 ton pada Maret 2019. Artinya pada kuartal pertama 2019 Galeri 24 sudah menjual emas sekitar 1,14 ton.
CEO Pegadaian Galeri24 Arifmon menyatakan dengan target penjualan ini, perusahaan dapat mencatatkan laba sebesar Rp 48 miliar sepanjang 2019. Lantaran pada akhir tahun lalu laba yang diperoleh Rp 19,6 miliar. Padahal perusahaan ini berdiri pada 3 Agustus 2018, yang merupakan spin off atau pemisahan dari Pegadaian.
Arifmon menyatakan perusahaan yang Ia pimpin juga menjadi perpanjangan tangan dari perusahaan induk. Salah satunya dengan menawarkan pembukaan tabungan emas pegadaian. Baru dijalankan selama dua minggu, Pegadaian Galeri 24 sudah melayani pembukaan sekitar 500 rekening tabungan dengan target sepanjang 2019 sebanyak 15.000 rekening.
"Hingga kuaral 1-2019 penjualan emas sudah tercapai 22% dari target. Kami optimis target satu dapat terlewati. Karena trennya akan terus naik pada semester 2 dengan pembayaran tunai maupun dengan pembiayaan," ujar Arifmon usai Soft Opening J-Store Galeri24 di Thamrin City, Kamis (11/4).
Lanjut Arifmon induk perusahaan PT Pegadaian (Persero) tengah menyiapkan produk baru yakni pembiayaan pembelian emas. Tujuannya bagi konsumen yang ingin membeli emas di Pegadaian Galeri24 dapat ditalangi oleh Pegadaian.
Produk anyar ini akan diluncurkan pada kuartal kedua 2019. Lewat produk ini, Arifmon yakin permintaan akan pembelian emas akan semakin tinggi. Selain itu, pihaknya juga berencana untuk menambah 6 distro penjualan emas di daerah timur Indonesia. Saat ini anak perusahaan ini sudah memiliki 43 distro penjualan yang menempel dengan kantor cabang Pegadaian.
Selain itu, Pegadaian Galeri 24 juga mulai melakukan ekspansi dengan membuka toko di luar cabang Pegadaian. Toko pertama dengan brand J-Store ini dibuka di Thamrin City. Arifmon menyatakan pihaknya akan membuka empat J-Store lagi di Jabodetabek, Makasar, Manado, dan Balik Papan.
Selain Sinergi Distro dan J-Store, PT Pegadaian Galeri 24 juga melakukan ekspansi bisnis melalui e-commerce yaitu dapat diakses melalui situs kataloggaleri24.com dan Digital Marketing yaitu melalui marketplace Tokopedia “Galeri 24 by Pegadaian”.
Layanan Omnichannel ini dibentuk tidak hanya untuk merealisasikan target penjualan tapi juga menambah target market yaitu masyarakat working class dan generasi milenial, yang dimudahkan melalui layanan Omnichannel yang ditawarkan oleh PT Pegadaian Galeri24Kendati demikian, Arifmon menyatakan target penjualan lewat offline masih 80% sedangkan 20% dari e-commerce.
Galeri24 fokus menjual berbagai produk, seperti logam mulia, perhiasan emas dan batu mulia. Target pasar yang dibidik, yaitu masyarakat pekerja 60%, perusahaan 15%, ibu rumah tangga 15% dan komunitas 10%. Untuk saat ini, nasabah Pegadaian Galeri24 sudah mencapai ribuan orang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News