kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pembentukan BPD Banten masuk tahap final


Minggu, 22 November 2015 / 19:20 WIB
Pembentukan BPD Banten masuk tahap final


Reporter: Issa Almawadi | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Provinsi Banten terus memproses rencana pembentukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten yang terpisah dari Bank Jabar Banten seperti saat ini.

Rencana pembentukan BPD yang merupakan inisiatif Pemerintah Provinsi Banten bekerjasama dengan Banten Global Development (BGD) itu kini tengah memasuki tahap akhir dan direncanakan kelar pada Februari 2016 mendatang.

Seperti dikutip banten-global.co.id, rancangan pembentukan BPD Banten sudah mulai sejak 25 Mei 2015 dengan menunjuk BGD sebagai tim independen pembentukan.

Proses tersebut pun berlanjut ke penujukkan finansial advisor dan terpilih Trimegah Securities.

Dalam proses ini, pembentukan BPD Banten akan dilakukan melalui akuisisi bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sesuai jadwal, proses pembentukan BPD Banten pun sudah masuk tahap audiensi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Namun sampai saat ini, tim pembentukan BPD Banten belum menentukan bank target akuisisi. "Masih dalam kajian," kata Iwan Ridwan Empon Wikarta, salah satu tim pembentukan BPD Banten kepada KONTAN, Jumat (20/11).

Meski begitu, Iwan optimistis pembentukan BPD Banten bakal sesuai jadwal. Menurut rancangan, Gubernur Banten akan mengumumkan pembentukan BPD Banten berkisar November 2015 hingga Februari 2016.

Pada periode yang sama, tim pembentukan juga memproses penetapan bank terpilih yang akan menjadi BPD Banten dan melakukan transaksi pembelian saham bank tersebut. Sayang, Iwan enggan menjelaskan berapa kebutuhan modal untuk pembentukan BPD Banten ini.

Heru Kristiyana, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK mengakui bahwa Banten memang ingin punya bank. Hanya saja, Heru belum mengetahui secara detil rencana tersebut. Meski begitu, Heru bilang, tak ada permasalahan soal keinginan Banten tersebut.

Begitu juga kaitannya dengan kepemilikan Banten di BPD Jawa Barat dan Banten (BJB). "Tidak ada masalah. Antara pemerintah Banten dan Jabar, pasti juga sudah ada kesepakatan," tutur Heru.

Sementara, Trimegah Securities sebagai financial advisor juga belum mau bicara banyak. Stephanus Turangan,

Direktur Utama Trimegah Securities hanya mengatakan, rencana pembentukan BPD Banten masih dalam proses dan belum bisa dibuka sampai ada kepastian.

Begitu pun dengan calon bank yang akan diakuisisi. Namun Stephanus menilai, rencana tersebut tak mungkin terealisasi tahun ini.

"Rasanya waktu sudah mepet untuk tahun ini. Lebih memungkinkan tahun depan. Kriteria calon bank tercatat bukan keharusan," imbuh Stephanus.

Asal tahu saja, proses pembentukan BPD Banten melalui BGD tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 5 tahun 2013 tentang Penambahan Penyertaan Modal Daerah ke Dalam Modal Saham Perseroan Terbatas Banten Global Development untuk Pembentukan Bank Pembangunan Daerah Banten. BGD sendiri adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×