kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemeriksaan Polis Masih Berlangsung, OJK Turut Awasi PT SME Finance Indonesia


Selasa, 28 Februari 2023 / 14:10 WIB
Pemeriksaan Polis Masih Berlangsung, OJK Turut Awasi PT SME Finance Indonesia
ILUSTRASI. Saat ini pemeriksaan terhadap PT Indosurya Inti Finance masih berlangsung dan belum selesai./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyoo


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permasalahan yang menimpa terkait Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya belum berakhir. Beberapa perusahaan yang terafiliasi dengan KSP tersebut pun turut terkena imbasnya.

Kasubdit III Dittipideksus Bareskrim Polri Kombes Robertus Yohanes De Deo Tresna Eka Trimana mengungkapkan, saat ini pemeriksaan terhadap PT Indosurya Inti Finance masih berlangsung dan belum selesai.

“Masih on proses,” ujar De Deo kepada KONTAN, Selasa (28/2).

De deo bilang, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait kasus ini. Tak hanya itu, kepolisian juga berupaya untuk mengumpulkan alat bukti lain untuk memperkuat pemeriksaan ini.

Baca Juga: Tangani Koperasi Bermasalah, KemenKopUKM Bentuk Tim Khusus

Sebelumnya, De deo mengungkapkan pemeriksaan ini terkait adanya dugaan penghimpunan dana dengan memperdagangkan produk yang dipersamakan dengan produk perbankan (MTN) tanpa ijin hingga Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). 

Tak hanya pihak kepolisian, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun kini juga turut melakukan pemeriksaan khusus terhadap PT Sarana Majukan Ekonomi Finance Indonesia (SME Finance) yang dulunya merupakan PT Indosurya Inti Finance.

“Kami sedang melakukan pemeriksaan permasalahan KSP Indosurya Cipta ada juga pemegang saham pengendalinya dimana itu dikaitkan dengan jasa keuangan salah satunya adalah PT SME Finance Indonesia dahulu adalah Indosurya Inti Finance,” ujar Kepala Eksektutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono.

Ogi bilang, OJK telah mengambil tindakan tegas dengan meminta direksi, komisaris, dan pemegang saham dari SME Finance untuk melakukakan tindakan corrective action secara menyeluruh.

Dalam hal ini, OJK meminta penerapan dari manajemen risiko dan prinsip tata kelola yang baik bagi perusahaan dalam seluruh kegitaan aktivitas yang dijalankan oleh perusahaan. 

“Pengawasan secara intensif terhadap aktivitas usaha dari PT SME Finance dengan melakukan tindakan pengawasan yang diperlukan terkait dengan permasalahan KSP Indosurya termasuk juga PSP saudara Henry Surya,” imbuhnya.

Baca Juga: Sengkarut Pembayaran Homologasi KSP Indosurya

Sementara itu, Ogi juga mengungkapkan bahwa saat ini SME Finance sudah melakukan langkah-langkah perbaikan yang diminta oleh OJK.

“Namun demikian, saat ini masih dalam monitoring secara intensif progress langkah-langkah perbaikan yang masih berjalan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×