kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penerbitan obligasi multifinance masih akan marak di semester II-2021


Senin, 12 Juli 2021 / 17:13 WIB
Penerbitan obligasi multifinance masih akan marak di semester II-2021
ILUSTRASI. Obligasi.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menyebutkan sektor multifinance masih mendominasi penerbitan obligasi korporasi sepanjang paruh pertama tahun ini. Penerbitan obligasi multifinance diprediksi masih akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

Jika melihat data Pefindo, penerbitan obligasi sektor multifinance memiliki porsi sebanyak 20% dari keseluruhan sektor yang menerbitkan obligasi di semester I-2021. Adapun nilai obligasi yang diterbitkan sektor multifinance mencapai Rp 8,58 triliun.

“Multifinance sampai semester I-2021 masih mendominasi dan kita lihat dari tahun ke tahun sektor tersebut yang paling rajin menerbitkan obligasi,” ujar Direktur Utama Pefindo Salyadi Saputra.

Salyadi menambahkan, rajinnya multifinance menerbitkan obligasi dikarenakan memang minat investor terhadap obligasi di sektor tersebut cukup besar. Hal ini mengingat rating dari obligasi multifinance mayoritas tinggi sehingga risiko yang cukup rendah.

Oleh karena itu, Salyadi menilai penerbitan obligasi multifinance di paruh kedua ini bisa jadi masih akan ramai. 

Baca Juga: Ini 6 tantangan yang harus dihadapi industri multifinance

Per 30 Juni 2021, Pefindo telah mengantongi mandat penerbitan surat utang untuk tiga perusahaan multifinance. Total nilai dari mandat tersebut mencapai Rp 9,3 triliun.

“Porsi multifinance saya rasa masih besar walaupun tujuan mereka adalah refinancing bukan untuk ekspansi usaha. Optimisme perusahaan multifinance ini juga sudah sangat tinggi karena penjualan mobil sudah tumbuh,” tambah Salyadi.

Salah satu perusahaan multifinance yang akan menerbitkan  obligasi di paruh kedua tahun ini ada PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau lebih dikenal Adira Finance. Masa penawaran umum dari obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan dijadwalkan pada 15 - 19 Juli 2021.

Dalam keterbukaan informasinya, Adira Finance akan menerbitkan dua obligasi, antara lain obligasi berkelanjutan V Adira Finance Tahap II Tahun 2021 dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp 1,3 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan IV Adira Finance Tahap II Tahun 2021 dengan jumlah dana sukuk mudharabah sebesar Rp 200 miliar.

“Rencana dari penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk kegiatan pembiayaan konsumen sehubungan dengan kegiatan usaha perseroan,” ujar Presiden Direktur Adira Finance Hafid Hadeli kepada Kontan.co.id.

Hafid menyampaikan, penerbitan obligasi ini merupakan upaya diversifikasi sumber pendanaan perseroan melalui dukungan dari pembiayaan bersama atau joint financing dengan perusahaan induk, Bank Danamon, serta memperoleh pinjaman eksternal terdiri atas pinjaman bank dan obligasi serta sukuk.

“Porsi pendanaan obligasi dan sukuk per kuartal I-2021 adalah 47% terhadap pinjaman eksternal perusahaan atau sebesar Rp 6,1 triliun,” tambah Hafid.

Sebelum Adira Finance, PT Mandala Multifinance Tbk  juga telah menerbitkan obligasi di akhir Juni lalu. Perusahaan menerbtikan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Mandala Multifinance Tahap I Tahun 2021 dengan jumlah dana sukuk mudharabah sebesar Rp 350 miliar.

“Sukuk tersebut digunakan untuk pembiayaan syariah dan kalau ada pasarnya, kita akan menerbitkan obligasi lagi,” ujar Corporate Secretary Mandala Finance Mahrus.

Selanjutnya: Tingkat gagal bayar naik, investor harus selektif dalam memilih obligasi korporasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×