kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengguna Aplikasi Dompet Digital Capai 87%


Kamis, 10 November 2022 / 18:30 WIB
Pengguna Aplikasi Dompet Digital Capai 87%
ILUSTRASI. Penggunaan dompet digital di Indonesia makin naik


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga riset daring dan data analitik YouGov melakukan riset terhadap lebih dari 4000 responden daring secara nasional di kuartal III 2022. Hasilnya, menunjukkan bahwa pengguna layanan keuangan digital semakin meningkat.

Saat ini, pengguna aplikasi dompet digital mencapai 87% dan didominasi oleh pengguna dengan kelompok usia 18-24 tahun. Industri e-commerce pun mengalami pertumbuhan pengguna terbesar selama kuartal ketiga, yaitu mencapai 95% dari total populasi.

Kenaikan pengguna layanan keuangan digital dialami juga oleh DANA Indonesia. Merujuk pada riset YouGov, transaksi kirim uang menggunakan DANA menjadi layanan paling banyak digunakan oleh pengguna.

Kemudahan transaksi melalui DANA dimanfaatkan secara khusus oleh pengguna dengan kelompok usia 25-34 tahun untuk isi ulang pulsa dan data sebesar 20% dari total populasi, serta untuk pembayaran tagihan rumah tangga, yaitu sebesar 12% dari total populasi.

Secara umum, preferensi masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan rumah tangga menggunakan dompet digital DANA juga terlihat meningkat selama periode ini.

Baca Juga: Transaksi Menggunakan Dompet Digital Terus Meningkat, Ini Faktor Pendorongnya

Chief of Product DANA Indonesia Rangga Wiseno mengatakan, pertumbuhan dari berbagai jenis transaksi di DANA ikut memberikan gambaran masa depan transformasi keuangan digital yang semakin inklusif.

"Pertumbuhan ini sekaligus memberikan peluang bagi DANA untuk bergerak menjembatani pengguna, mitra, dan lembaga keuangan dalam mempercepat adopsi layanan keuangan digital secara kolektif dan mendukung masyarakat dalam produktivitas ekonomi mereka sehari-hari,” kata Rangga dalam keterangan resmi, Kamis (10/11).

Selain sebagai kebutuhan harian, pengguna kini juga mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Pada riset YouGov disebutkan bahwa terdapat kenaikan pengguna DANA untuk pembelian investasi, terutama oleh pengguna dengan kelompok usia 24-34 tahun.

Selain angka yang menunjukkan pertumbuhan pengguna dan transaksi, YouGov juga mencatat bagaimana masyarakat lekat dengan kualitas dan reputasi dompet digital DANA yang ramah pengguna, aman, dan aksesibel. Persepsi tersebut direfleksikan dari 50% suara pengguna pada kuartal ini, membaik dari kuartal sebelumnya.

Sekadar informasi, sejak diluncurkan pada Desember 2018, DANA kini telah menjangkau lebih dari 115 juta pengguna di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×