kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro Mencapai Rp 3,95 Triliun pada Semester I-2022


Selasa, 26 Juli 2022 / 21:23 WIB
Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro Mencapai Rp 3,95 Triliun pada Semester I-2022
ILUSTRASI. Kinerja Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Mencapai Rp 3,95 triliun pada Semester I/2022 KONTAN/Baihaki/18/7/2022


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) yang telah diraih pada semester I/2022 menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Di mana debitur UMi bertambah 1 juta, dan 95% dari debitur adalah perempuan. 

Berdasarkan data Pusat Investasi Pemerintah (PIP), nilai penyaluran pun meningkat. Sepanjang semester I/2022, peningkatan penyaluran pembiayaan kepada debitur Umi mencapai Rp3,95 triliun yang didukung oleh pembiayaan syariah, konvensional, kolaborasi antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Asal tahu saja, Ultra Mikro menjadi salah satu usaha yang memiliki potensi untuk mendongkrak ekonomi. Untuk itu, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang merupakan Satuan Kerja Badan Layanan Umum di bawah Kementerian Keuangan bertugas untuk berkoordinasi dalam pembiayaan UMKM serta mengelola penyaluran dana dalam program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Pembiayaan UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan nilai maksimal per nasabah sebesar Rp20 juta. 

Baca Juga: Menakar Peran UMKM dalam Pengentasan Kemiskinan

Sementara itu, sejak tahun 2017 hingga saat ini, debitur UMi berjumlah 6,4 juta yang berasal dari sekitar 509 kabupaten atau kota. Debitur UMi pun terdiri atas beberapa sektor usaha, seperti: perdagangan besar dan eceran, pertanian, perburuan, dan kehutanan, jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan, dan industri pengolahan. Sektor perdagangan besar dan eceran mencapai 95,97% dari total debitur UMi.

“Penyaluran pembiayaan Umi ini terus tumbuh positif, baik dari jumlah debiturnya maupun dari sisi penyalurannya, atau jumlah uang yang disalurkan,” ucap Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah dalam siaran pers, Selasa (26/7). 

Baca Juga: Penyaluran Kredit ke Segmen UMKM Semakin Deras

Dalam meningkatkan pembiayaan UMi, PIP tidak hanya melakukan kerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Daerah. Beberapa pameran pun diselenggarakan untuk mempromosikan produk buatan debitur UMi. Seperti rencana untuk mempromosikan produk UMi yang akan digelar di Sarinah, Jakarta Pusat, pada 29 Juli-11 Agustus 2022. 

PIP membuka Gerai UMi yang merupakan pop up store untuk mendukung produk para debitur UMi, serta memperluas jangkauan pemasaran. Beragam produk yang dihasilkan oleh debitur UMi yang merupakan karya khas nusantara mulai dari pakaian hingga makanan, akan dipajang melalui gerai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×