kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Percepat laju roda ekonomi, bank siap genjot KUR


Rabu, 02 September 2020 / 09:32 WIB
Percepat laju roda ekonomi, bank siap genjot KUR
ILUSTRASI. Seorang perajin membuat kursi di sentra kerajinan anyaman rotan dan bambu di Jakarta, Selasa (1/9/2020). Pemerintah membuat strategi pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menghadapi sejumlah persoalan di masa pandemi Covid-19,?dengan cara


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mendorong realisasi penyaluran program kredit usaha rakyat (KUR) guna mempercepat ekonomi khususnya di segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Untuk mendorong rencana tersebut, pemerintah juga telah memberikan tambahan subsidi bunga KUR dari 6% selama 3 bulan dan 3% selama 3 bulan, menjadi sebesar 6% sampai dengan Desember 2020. Sektor perbankan sebagai ujung tombak program ini menyatakan siap untuk memenuhi arahan pemerintah tersebut. 

Baca Juga: Ada bunga deposito 6,25%, cek bunga deposito terbaru bank di sini

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Tbk Rully Setiawan mengatakan pihaknya menyambut baik program pemerintah yang berencana memberi tambahan subsidi bunga KUR 6% sampai dengan Desember 2020 dari yang sebelumnya 6% di 3 bulan pertama dan 3% di 3 bulan berikutnya. Menurut Bank Mandiri, penambahan subsidi bunga ini akan memberikan keleluasaan debitur untuk mengatur arus kas dalam situasi pandemi ini.

Catatan saja, realisasi KUR Bank Mandiri per Juli 2020 mencapai Rp 9,20 triliun kepada 109.750 debitur, sementara porsi penyaluran ke sektor produksi telah mencapai 61,42% dari target sebesar 60% yang ditetapkan pemerintah.

Bank berlogo pita emas ini juga mengatakan, pihaknya optimistis dapat mencapai target KUR yang ditetapkan oleh pemerintah. Sebab, dengan kelonggaran PSBB di beberapa tempat,  roda perekonomian khususnya UMKM kembali bergeliat. 

"Oleh karena itu seperti tahun-tahun sebelumnya realisasi KUR Bank yang selalu mencapai target, tahun ini dan ke depannya kami optimistis dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah," katanya kepada Kontan.co.id, Senin (31/8). 

Baca Juga: Undang-Undang BI bakal direvisi, apa kata bankir dan pengamat?

Senada, Pemimpin Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Bambang Setyatmojo menyebut, sejatinya di tengah kondisi upaya menggeliatkan ekonomi saat ini, peran perbankan sangat penting, baik dalam upaya memberikan tambahan modal usaha maupun keringanan kewajiban bagi mitra usaha sebagai akibat kondisi permintaan hasil produksinya belum kembali normal.




TERBARU

[X]
×