kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat bisnis, fintech P2P lending Indodana gencar berkolaborasi


Jumat, 24 Juli 2020 / 23:05 WIB
Perkuat bisnis, fintech P2P lending Indodana gencar berkolaborasi


Reporter: Annisa Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi covid-19 yang masih mewabah membuat fintech P2P lending gencar berkolaborasi dengan e-commerce guna mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Terbaru, PT Artha Dana Teknologi (Indodana) menggandeng Bukalapak guna memberikan modal pinjaman kepada pebisnis, khususnya pelaku UMKM.

Head of Business Development Indondana Timothy Prawiromaruto menyebutkan, dengan bermitra dengan Bukalapak, pihaknya menargetkan dapat membidik lebih banyak UMKM agar bisa mendapatkan akses keuangan dalam mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Ternaknesia catat kenaikan permintaan hewan qurban hampir dua kali lipat

“Sejak tahun 2018 Indodana telah fokus untuk membantu sektor UMKM, sehingga fokus kami ialah memberikan pinjaman kepada masyarakat. awalnya, Indodana melihat masyarakat yang mengajukan pinjaman di platform kami ialah masyarakat yang belum pernah mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan seperti bank dan multifinance. Oleh sebabnya, Indodana hadir untuk dapat memberikan pinjaman modal,” ujar Timothy dalam virtual conference (23/7).

Lanjut ia, melalui fitur Bayar Tempo yang digaungkan dengan Bukalapak, pihaknya memberi beberapa fasilitas guna menunjang bisnis UMKM. Salah satunya ialah Timothy bilang, dalam fitur ini pihaknya tidak memberikan bunga. Hanya saja, masyarakat perlu membayar Rp 25.000 sebagai bentuk pelayanan.

Nantinya setelah mendapat persetujuan, masyarakat akan mendapatkan saldo Rp 500.000 sehingga dapat digunakan secara berulang kali. Adapun tenor yang diberikan ialah 30 hari.

“Kami tidak menetapkan bunga, hanya saja mengenakan uang layanan. Tarif yang diberikan Rp 25.000. Nantinya, secara otomatis biaya tersebut akan terpotong dari hasil penjualan, maupun transaksi jual beli sehari-hari. Indodana menilai solusi ini tepat untuk menghadapi tantangan finansial karena pandemi,” pungkasnya.

Baca Juga: Empat aspek yang harus diperhatikan menghadapi fase survival

Asal tahu saja, sampai saat ini Indodana telah bermitra dengan 65 e-commerce. Adapun peran Indodana ialah memberikan fasilitas pinjaman kepada peminjam yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×