kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Perluas jaringan, Maybank Indonesia buka kantor cabang syariah ke-19 di Samarinda


Kamis, 17 Juni 2021 / 15:27 WIB
Perluas jaringan, Maybank Indonesia buka kantor cabang syariah ke-19 di Samarinda
ILUSTRASI. logo maybank

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Maybank Indonesia Tbk terus memperluas jaringan layanan syariah dengan membuka kantor cabang Syariah (KCS) di kota Samarinda, Kalimantan Timur. Peresmian KCS Samarinda sekaligus menandakan hadirnya KCS unit usaha syariah (UUS) Maybank Indonesia yang ke-19.

Romy Buchari, Group Head Shariah Banking mengatakan, pihaknya optimistis dengan hadirnya KCS Maybank Indonesia di Samarinda yang dapat memperluas cakupan layanan keuangan Syariah, baik bagi nasabah individu maupun korporasi di kota Samarinda dan sekitarnya.

"Selain itu kami juga menargetkan untuk bisa meningkatkan kontribusi dan pertumbuhan positif portofolio bisnis Syariah Maybank Indonesia terhadap sektor perbankan Syariah di tingkat regional maupun nasional,” ujar  Romy Buchari, Group Head Shariah Banking Maybank Indonesia dalam keterangan tertulis pada Kamis (17/6).

Baca Juga: Potensi kesepakatan kredit sindikasi tahun ini masih besar

Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai dengan Desember 2020, industri perbankan Syariah di kota Samarinda menunjukkan pertumbuhan positif. Dana Pihak Ketiga meningkat sebesar Rp 694 miliar menjadi Rp 4,19 triliun dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp 3,50 triliun. Sementara dari sisi Pembiayaan meningkat Rp 363 miliar menjadi Rp 2,79 triliun dibandingkan tahun 2019 sebesar Rp 2,42 triliun.

Group Head Community Distribution Maybank Indonesia, Harryanto Pramono, juga menambahkan potensi pertumbuhan sektor perbankan Syariah di Kota Samarinda cukup menjanjikan, seiring potensi pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur yang dikontribusi melalui industri pengolahan dan pertambangan. 

“Kami berharap solusi keuangan Syariah kami dapat berperan serta dalam memajukan sektor industri dan perdagangan di wilayah Kalimantan Timur, demikian juga memperbesar porsi pangsa pasar UUS Maybank Indonesia di sektor perbankan Syariah di wilayah tersebut,” paparnya.

Dibukanya KCS Samarinda merupakan wujud kelanjutan komitmen Maybank Indonesia dalam menerapkan strategi Sharia First yang sejak 2014 lalu dijalankan. Strategi ini berfokus pada upaya untuk mengedepankan produk dan solusi keuangan Syariah kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Berikut efek pengenaan pajak G7 pada emiten Indonesia yang beroperasi di luar negeri

UUS Maybank Indonesia mampu mencatat pertumbuhan Dana Pihak Ketiga tumbuh sebesar 13,2% year on year (yoy) menjadi sebesar Rp 29,5 triliun per Maret 2021. Pertumbuhan tersebut ditopang dari dana murah (CASA) Syariah dengan pertumbuhan sebesar 42,6%. 

Di samping itu, total aset UUS Maybank Indonesia tumbuh sebesar 12,9%  menjadi Rp 35,9 triliun atau 21,96% dari total Aset Bank (Individual) per 31 Maret 2021, meningkat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya

 UUS Maybank Indonesia  telah berperan aktif di sejumlah proyek strategis di tanah air, diantaranya, sebagai bank pertama di Tanah Air yang menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pengadaan vaksin Covid-19 kepada PT Bio Farma (Persero) sebesar USD 185 juta atau setara Rp 2,68 triliun di akhir tahun 2020 lalu. 

Selanjutnya: Simak opsi penyelesaian kredit Garuda Indonesia dari Kementerian BUMN

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×