kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pikat loyalitas nasabah, bank gemar tebar berbagai gimmick


Selasa, 19 Oktober 2021 / 20:16 WIB
Pikat loyalitas nasabah, bank gemar tebar berbagai gimmick
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi menggunakan aplikasi mobile banking Livin' Bank Mandiri di Tangerang Selatan, Minggu (12/9). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/09/2021.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bankir berupaya mempertahankan nasabahnya agar tidak mengalihkan transaksi mobile banking maupun dana simpanan ke bank lain. Berbagai program dan gimmick hingga kesempatan membawa mobil mewah ditebar.

Bank CIMB Niaga misalnya memberikan program poin Xtra yang bisa digunakan oleh nasabah untuk pembayaran, pembelian maupun e-voucher dari pelaku e-commerce. Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan bilang program ini cukup efektif mempertahankan nasabah karena merasa diuntungkan dengan mengumpulkan PoinXtra. 

“Point akan didapatkan untuk setiap produk CIMB Niaga Point itu juga bisa ditukar untuk reward mileage dari airlines. Biaya untuk program loyalitas ini akan masuk ke dalam masing-masing produk,” ujar Lani kepada Kontan pada Selasa (19/10).

Ia menyebut program loyalitas ini cukup membantu membuat nasabah tetap bertransaksi dan menempatkan dana di CIMB Niaga. Walaupun bukan menjadi satu penentu terhadap loyalitas nasabah.

Baca Juga: Laba sejumlah bank masih terangkat selama pandemi

Program ini cukup efektif meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) CIMB Niaga yang tercatat Rp 223,39 triliun pada Agustus 2021. Nilai itu tumbuh 7,3% year on year (yoy) dibandingkan posisi yang sama tahun lalu senilai Rp 208,01 triliun. 

Tak mau kalah, Bank Mandiri juga memberikan program undian Livin’ poin bagi nasabah tiap pekan. Hadiahnya 100 unit mobil BMW X1 serta 1.000 unit motor jenis Vespa Sprint dan Yamaha NMAX . 

Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto optimis inisiatif strategis ini akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Baik dari sisi jumlah pengguna maupun jumlah transaksi.

Hingga delapan bulan pertama 2021, transaksi nasabah pada Livin’ By Mandiri tercatat berhasil menembus 627 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp 1.043 triliun per akhir Agustus 2021. Sementara jumlah pengguna aplikasi Livin' By Mandiri telah mencapai lebih dari 8 juta di akhir Agustus 2021, atau meningkat 43% secara yoy. 

Baca Juga: Inikah bank yang akan diakuisisi BNI?

Aqurius menambahkan, cara untuk mendapatkan Livin’ poin untuk diundi relatif mudah, dimana untuk setiap transaksi nasabah di antaranya transfer antar bank, bayar, top up, dan penambahan saldo, masing masing aktivitas transaksi tersebut akan mendapatkan poin yang akan diundi setiap minggunya.

Jika nasabah ingin mendapatkan poin lebih, nasabah juga dapat menukarkan 230 Livin’ Poin untuk menjadi poin undian.

Bank Negara Indonesia (BNI) juga menawarkan program BNI POIN+ yang bisa ditukarkan sama 2 unit mobil Tesla model 3, 2 unit mobil Toyota Hilux Double Cabin 2.4 G, 17 unit mobil Toyota Raize 1.0 Turbo CVT, dan 100 unit sepeda motor All New Honda PCX 160 di Program Undian Rejeki BNI.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menyebut program Undian ini terdiri dari dua jenis yaitu Program Undian Reguler yang bisa diikuti oleh seluruh nasabah BNI Taplus serta derivatifnya dan Program Undian Khusus UMKM  atau Wirausaha bagi wirausaha nasabah BNI Taplus Bisnis.

"Nasabah cukup memperbanyak transaksi Kartu Debit dan BNI Mobile Banking dan terus meningkatkan saldo tabungannya yang otomatis akan mendapatkan sejumlah poin. Setelah itu, tukarkan 10 (sepuluh) BNI POIN+ menjadi 1 (satu) Kupon Undian di BNI Mobile Banking. Pengundian pemenang akan dilakukan pada Februari 2022," pungkas Corina.

Selanjutnya: Penyaluran kredit sindikasi turun 23% hingga pertengahan Oktober 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×