kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNM PKU Cetak Rekor MURI Webinar Pembangunan Keberlanjutan Perempuan Terbanyak


Selasa, 09 Agustus 2022 / 12:23 WIB
PNM PKU Cetak Rekor MURI Webinar Pembangunan Keberlanjutan Perempuan Terbanyak
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Webinar dan mencetak rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia)


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan Webinar dan mencetak rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) kategori  webinar pembangunan keberlanjutan oleh perempuan terbanyak.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman kepada nasabah terhadap pentingnya pendidikan yang berkualitas bagi anak untuk membangun karakter dan meningkatkan taraf hidup untuk kesejahteraan keluarga. 

Kegiatan ini dihadiri 30.000 peserta yang merupakan nasabah PNM Mekaar yang terdiri dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan dan Sumatra pada hari Rabu, 8 Agustus 2022.

Mengutip siaran pers PNM, Selasa (9/8), kegiatan ini dihadiri  Direktur Operasional PT.PNM, Sunar Basuki dan Senior Customer Relation Manager MURI, Andre Purwandono.

Dalam kesempatan ini, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pesan pentingnya pentingnya peranan perempuan untuk terus belajar mengembangkan diri.

Baca Juga: Erick Thohir Minta BUMN Tiru Efisiensi yang Dilakukan PLN

Sementera itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang hadir secara virtual mengatakan, sebagai perempuan harus mampu menghadapi berbagai tantangan dalam kehidupan dan membangun usaha untuk kesejahteraan keluarga.

Kegiatan webinar ini juga menghadirkan Najwa Shihab, selaku Jurnalis, Pendiri Narasi, dan Pegiat Literasi, ia hadir secara virtual sebagai narasumber kepada 30.000 nasabah PNM Mekaar.

Melalui bincang singkat dengan salah satu nasabah PNM Mekaar, ia mengatakan “Tidak mudah untuk menjadi wanita yang multi peran, kita sesama perempuan harus saling menguatkan, mari saling mendukung dan menguatkan satu sama lain sesama perempuan di Indonesia, insyaAllah itu akan mewujudkan kita mencapai keinginan-keinginan kita ”.

Peran usaha mikro, kecil, dan menengah untuk merealisasikan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Indonesia begitu besar.

PNM sebagai salah satu Holding Ultra Mikro yang dibentuk pemerintah khusus untuk memberikan pemberdayaan UMKM untuk terus mendukung dan meningkatkan kemampuan serta kualitas nasabahnya agar terus berkembang dan naik kelas.

Baca Juga: Laporan Keuangan PT Permodalan Nasional Madani dan Entitas Anak

Materi yang disampaikan meliputi pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan yang berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. 

Anggota Dewan Komisioner OJK, Friderica Widyasari Dewi, yang juga turut hadir secara virtual mengatakan “Selalu semangat dan selalu berpikir positif untuk masa depan keluarga dan anak-anak yang lebih baik, karena menurut kami fondasi yang utama dari keluarga adalah ibu-ibu ini.

Direktur Operasional PT.PNM, Sunar Basuki  menyatakan, webinar ini juga merupakan pemberdayaan melalui 3 Modal PNM (finansial, intelektual, dan sosial). Modal finansial merupakan program modal usaha tanpa jaminan pinjaman dan bersifat kelompok serta mempunyai sistem tertanggung.

Modal intelektual merupakan program PKU melalui pelatihan yang diberikan kepada nasabah untuk bisa upgrade dan berkembang sehingga bisa naik kelas dan mandiri. 

Baca Juga: Laba Pegadaian Naik 36,15% Menjadi Rp 1,77 T

"Modal sosial merupakan program pelatihan kepada nasabah agar dapat berinteraksi dan melakukan pertukaran bisnis ekonomi dalam satu ekosistem, dengan tujuan mendorong para nasabah agar mampu memberdayakan masyarakat di sekitar mereka," ujarnya.

Sebagai informasi, hingga 3 Agustus 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 131,80 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,31 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×