kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PNM ULaMM Tingkatkan Kapasitas Nasabah Ultra Mikro Lewat Berbagai Pelatihan


Jumat, 23 Februari 2024 / 21:35 WIB
PNM ULaMM Tingkatkan Kapasitas Nasabah Ultra Mikro Lewat Berbagai Pelatihan
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. Pekerja menyelesaikan pembuatan dimsum di Griya Dimsum Bunda Imoet Ciputat Tangerang Selatan, Kamis (17/2). Menteri Keuangan meminta agar perbankan mencari nasabah baru untuk penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) agar fungsi intermediasi perbankan berjalan dan semakin banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang mendapat fasilitas KUR pemerintah./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/17/02/2022.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkontribusi aktif menggerakkan usaha ultra mikro di Indonesia melalui produk Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

Diluncurkan pada Agustus 2008 silam, ULaMM tidak hanya memberikan pinjaman modal tetapi juga memiliki sederet manfaat lainnya. Salah satunya yakni memberikan dukungan teknis bagi nasabah seperti penyertaan pendampingan usaha dan pelatihan bagi nasabah, jasa konsultasi usaha untuk para nasabah, dan dukungan pengelolaan keuangan dan akses pasar yang luas bagi nasabah.

Dalam riset KONTAN, program pelatihan ULaMM dilakukan di seluruh kantor cabang PNM di Indonesia dan diberikan berdasarkan klasterisasi atau pengelompokan nasabah. Klaster ditentukan berdasarkan jenis usaha dan lokasi nasabah. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan di berbagai aspek, di antaranya keuangan, produksi, pemasaran, dan kelembagaan.

Baca Juga: Sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM Pacu Kinerja Impresif Holding Ultra Mikro

Sepanjang 2022, PNM merancang tiga tema besar dalam kegiatan pelatihan kepada Nasabah UlaMM. Tema Pemasaran di E-Commerce/Marketplace dilakukan pada periode Januari hingga Desember 2022 dan mengajak peserta mempraktikkannya di berbagai platform lokapasar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan PaDi.

Adapun materi- materi yang disampaikan meliputi manfaat memiliki akun e-commerce/marketplace, tata cara register di akun e-commerce/marketplace, serta manfaat pemasaran di e-commerce/marketplace.

Kedua, yakni Tema Pengembangan Kemasan dengan mengangkat topik pentingnya mengembangkan usaha melalui kemasan. Adapun materi-materi yang disampaikan meliputi manfaat memiliki kemasan, cara melakukan foto produk, cara membuat logo, serta cara membuat kemasan yang menarik.

Terakhir, yakni pelatihan dengan Tema Penggunaan Aplikasi Pencatatan Keuangan. Pendampingan ini memberikan edukasi atas pentingnya memiliki aplikasi keuangan sebagai alat bagi nasabah dalam mengelola pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan usaha seperti aplikasi Chatat.Id dan Buku Warung. Materi-materi yang disampaikan meliputi manfaat memiliki akun aplikasi keuangan dan tata cara mendaftar di akun aplikasi keuangan.

Hingga akhir 2023 jumlah nasabah PNM berada di angka 15,2 juta. Adapun klaster atau kelompok nasabahnya tercatat lebih dari 830.000.

Baca Juga: Raih Juara 3 Desa BRILiaN, Pelajar di Desa Megulung Kidul Dapat Beasiswa dari BRI

Peran para account officer (AO) PNM merupakan kunci pesatnya pertumbuhan angka nasabah tersebut. Para AO bertanggung jawab melakukan seleksi calon nasabah berdasarkan referral atau rekomendasi dari nasabah PNM sebelumnya. Selain itu, mereka juga yang mendampingi nasabah dalam kelompok dan memotivasi kedisiplinan para nasabah membayar angsuran tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×