kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.606.000   15.000   0,94%
  • USD/IDR 16.329   11,00   0,07%
  • IDX 7.248   66,61   0,93%
  • KOMPAS100 1.071   12,81   1,21%
  • LQ45 845   10,15   1,22%
  • ISSI 216   2,85   1,34%
  • IDX30 434   4,11   0,96%
  • IDXHIDIV20 519   6,56   1,28%
  • IDX80 122   1,46   1,21%
  • IDXV30 124   0,52   0,42%
  • IDXQ30 143   1,84   1,31%

Begini Cara Pegadaian Selena Memacu Performa Kinerja Nasabah Ultra Mikro


Senin, 08 Januari 2024 / 18:17 WIB
Begini Cara Pegadaian Selena Memacu Performa Kinerja Nasabah Ultra Mikro
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Leni Wandira, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian terus memperkuat pelayanannya kepada nasabah. Misalnya, anggota Holding Ultra Mikro ini mengusung Pegadaian Selena yang memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan performa kinerja nasabah ultra mikro.

Selena atau Sales Pipeline Application Management merupakan aplikasi yang digunakan oleh sales Pegadaian yang mencatat aktivitas penjualan/prospek nasabah di Pegadaian.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian, Yudi Sadono menyebutkan, Selena adalah penghubung sales pegadaian dengan aplikasi ultra mikro yang memungkinkan sales Pegadaian menawarkan tidak hanya produk Pegadaian, tetapi juga dapat menawarkan produk holding ultra mikro lainnya.

Baca Juga: Manisnya Bisnis Gula Merah di Desa BRILiaN Megulung Kidul

"Sehingga semakin banyak pilihan produk untuk keperluan nasabah ultra mikro," kata Yudi dalam keterangan resminya kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Yudi menjelaskan, Pegadaian Selena berfungsi untuk mencatat seluruh aktivitas yang dilakukan oleh tenaga pemasar mulai dari Prospecting, approaching terhadap nasabah.

"Sebagai contoh jika bertemu dengan nasabah yang membutuhkan pinjaman jangka pendek dapat ditawarkan produk gadai," jelas dia.

Jika nasabah memerlukan pinjaman jangka panjang, kata Yudi, maka dapat ditawarkan Kupedes BRI. Apabila nasabah berkelompok, maka dapat ditawarkan produk PNM Mekaar.

Adapun mekanisme layanan atau fasilitas selena Pegadaian terdapat dua metode yakni canvassing dan follow up leads CRM.

Untuk metode canvassing, sales Pegadaian melakukan prospek secara langsung kepada calon nasabah berupa visit/flyering yang ditemui seperti di pasar, sentra UMKM dan tempat ramai lainnya.

"Untuk metode follow up leads CRM, sales Pegadaian mendapatkan daftar hot leads untuk kemudian dapat di-follow up," jelas Yudi.

Lebih lanjut, setiap tahapan aktivitas sales di Selena diatur dengan SLA (Service-level Agreement) untuk menjaga waktu layanan.

Bukan hanya itu, seluruh respons dari calon nasabah di setiap langkahnya bisa dianalisis sebagai dasar peningkatan kapabilitas sales serta kebutuhan produk nasabah di masa yang akan datang.

Baca Juga: Gadai Emas untuk Pendanaan Sektor Usaha Ultra Mikro, Ini Caranya

Tentunya, terdapat keuntungan yang didapatkan bagi para pengguna Selena, antara lain setiap aktivitas sales tercatat.

"Maka dapat memberikan solusi yang pas untuk setiap kebutuhan nasabah sesuai dengan profil nasabah yang tepat," ucap Yudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×