kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PP terbit, PNM: Holding ultra mikro akan memacu pemberdayaan usaha


Rabu, 07 Juli 2021 / 16:41 WIB
PP terbit, PNM: Holding ultra mikro akan memacu pemberdayaan usaha
ILUSTRASI. Nasabah Mekaar PNM


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menyambut positif terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) sebagai landasan hukum Holding Ultra Mikro, karena akan memacu masifnya pemberdayaan usaha dan mendorong komitmen perseroan meningkatkan penerapan prinsip environmental, social and governance (ESG).

Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi, mengatakan perseroan akan lebih efektif dan lebih efisien dalam mengelola aktivitas pemberdayaan dan sektor bisnis sekaligus akan lebih berkelanjutan mempertimbangkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik (ESG) merupakan salah satu tujuan dari Holding Ultra Mikro.

"Integrasi diarahkan untuk mengefektifkan dan mengefisienkan proses pemberdayaan eksisting. Sumber daya, kapasitas dan kapabilitas ke-3 perusahaan akan disatukan untuk memberikan nilai tambah dan manfaat yang lebih besar bagi para pelaku Ultra Mikro dan UMKM," kata Arief, dalam keterangan resmi, Rabu (7/7). 

Baca Juga: BI proyeksi transaksi digital banking naik 19% jadi Rp 32.206 triliun sepanjang 2021

Termasuk, dari sisi bunga atau margin yang lebih efisien, layanan yang lebih tinggi dan peluang pengembangan usaha yang semakin besar.  Melalui holding tersebut, ESG akan lebih dapat lebih ditingkatkan lagi. Ia juga berharap aspek sosial dan aspek lingkungan dan tata kelola juga menjadi lebih baik. 

Holding Ultra Mikro secara resmi terbentuk melalui terbitnya beleid tersebut. Menurut Arief, keberadaan holding akan meningkatkan pemberdayaan usaha di segmen ultra mikro yang semakin masif. 

Dengan begitu, ketimpangan di masyarakat bisa ditekan. Ia menjamin bahwa target perusahaan tetap berjalan seperti biasa dan sedikit demi sedikit akan dinaikan baik secara target maupun pengembangan usaha ke depan.

Sampai dengan tuntasnya proses holding, target dan rencana bisnis tahun ini belum berubah. Perusahaan berupaya meningkatkan kinerja melalui kerja sama secara terstruktur, tidak tumpang tindih, tepat guna dan tepat sasaran.

Baca Juga: Ekonom BSI: Performa bank syariah tetap stabil dan positif, termasuk di pasar modal

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah meneken Peraturan Pemerintah No 73 Tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Jumat (2/6) lalu.

Penerbitan payung hukum tersebut sebagai wujud visi pemerintah untuk meningkatkan aksesibilitas layanan keuangan segmen ultra mikro yang sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Sesuai PP tersebut, holding terdiri atas tiga entitas BUMN yakni BRI selaku induk holding, Pegadaian dan PNM.

Mengutip Pasal 4b PP Nomor 73 Tahun 2021 disebutkan bahwa BRI menjadi pemegang saham Pegadaian dan PNM. PP tersebut mengatur hak istimewa bagi PNM, di mana perseroan sebagai anggota holding akan memperoleh hak-hak khusus seperti BUMN meski statusnya berubah menjadi anak perusahaan atau anggota holding.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×