Reporter: Aulia Ivanka Rahmana | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatat pendapatan kontribusi lebih dari Rp 1 triliun (unaudited) sepanjang kuartal I-2025.
Chief Customer Marketing Officer Prudential Syariah, Vivin Arbianti Gautama mengatakan pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan kontribusi bisnis baru, terutama dari saluran distribusi agency dan bancassurance.
“Selain itu, pertumbuhan ini kami capai karena fokus kami adalah melayani peserta dengan produk yang relevan, khususnya produk tradisional yang sesuai dengan kebutuhan mereka," ujarnya kepada Kontan, Selasa (17/6).
Lebih dari 90% peserta Prudential Syariah saat ini didominasi oleh Generasi X, Milenial, dan Gen Z. Untuk menjawab kebutuhan mereka, perusahaan menghadirkan berbagai produk seperti PRUAnugerah Syariah untuk persiapan warisan, PRUSehat Syariah dan PRUWell Syariah untuk perlindungan kesehatan, serta PRUCritical Amanah untuk perlindungan penyakit kritis sejak dini.
Baca Juga: Prudential Syariah Terus Berinovasi Majukan Ekosistem Keuangan Syariah
Meski industri masih menghadapi tantangan seperti rendahnya literasi keuangan syariah, Prudential Syariah tetap optimistis terhadap prospek bisnis tahun ini. Berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025, tingkat literasi keuangan syariah mencapai 43,42%, namun inklusi syariah baru 13,41%.
“Kami melihat peluang besar di balik tantangan ini. Oleh karena itu, kami terus melakukan edukasi keuangan syariah melalui media digital, kolaborasi dengan Organisasi Muslim (NU), Universitas maupun komunitas untuk memberikan literasi keuangan syariah," lanjutnya.
Baca Juga: Ini Langkah Prudential Syariah Menjawab Tantangan Industri Asuransi
Prudential Syariah juga aktif memperluas inklusi dengan menyasar segmen rentan. Pada Maret 2025, perusahaan memberikan perlindungan asuransi jiwa gratis kepada ratusan pengemudi ojek online perempuan (Lady Ojol).
Walau tidak mengungkapkan target kontribusi secara spesifik, Vivin menegaskan Prudential Syariah terus memperkuat jaringan distribusi keagenan yang kini mencapai lebih dari 80 ribu tenaga pemasar. Selain itu, kerja sama strategis dengan Bank Syariah Indonesia yang memiliki lebih dari 20 juta nasabah turut memperluas akses masyarakat terhadap asuransi syariah.
“Kami yakin dengan inovasi, dan layanan ini, kami dapat menjangkau keluarga Indonesia lebih banyak lagi serta terus menjadi pemimpin pasar asuransi jiwa syariah joint venture di Indonesia," kata Vivin.
Baca Juga: Prudential Syariah Hadirkan Solusi Perlindungan dan Aksi Sosial Terpadu
Selanjutnya: Bidik Pertumbuhan Premi Double Digit, Intip Strategi Zurich Syariah
Menarik Dibaca: Ada Diskon Tiket Kereta 30%, 952.639 Tiket Sudah Terjual
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News