kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih FinanceAsia Award, Kopra by Mandiri Perkuat Komitmen Solusi Digital Terbaik


Kamis, 08 September 2022 / 12:07 WIB
Raih FinanceAsia Award, Kopra by Mandiri Perkuat Komitmen Solusi Digital Terbaik
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Digitalisasi mengubah perilaku masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk dalam hal bertransaksi keuangan. Tren penggunaan layanan perbankan digital pun terus bertumbuh. Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai transaksi perbankan digital meningkat 45,64% year-on-year (YoY) mencapai Rp39.841,4 triliun sepanjang 2021.

Transformasi digital juga menjadi salah satu perhatian utama dunia usaha, khususnya sejak pandemi Covid-19. Di tengah banyaknya rintangan akibat pandemi, transformasi digital menjadi kunci bagi pelaku usaha agar bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Ekosistem pun menjadi faktor penting sebagai bagian dari transformasi digital dunia usaha. Hadirnya ekosistem digital meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan dan membuat keseluruhan proses bisnis menjadi lebih baik.

Baca Juga: Pembiayaan Rantai Pasok Makin Mudah dengan Layanan Perbankan Digital Kopra by Mandiri

Bank Mandiri telah memulai perjalanan transformasi digitalnya untuk memenuhi kebutuhan nasabah, baik dari segmen ritel maupun wholesale, sejak meluncurkan Mandiri Cash Management pada tahun 2008. Inovasi berikutnya dihadirkan bank pelat merah ini pada tahun 2011 dengan memperkenalkan layanan mobile banking.

Munculnya pandemi Covid-19 pada tahun 2020 kemudian membuat Bank Mandiri memacu percepatan transformasi digital layanan dan produk-produknya. Komitmen Bank Mandiri dalam memberikan layanan perbankan digital bagi nasabah wholesale hadir melalui super platform Kopra by Mandiri.

Layanan perbankan digital yang diluncurkan pada Oktober 2021 ini menyediakan solusi terpadu bagi nasabah wholesale secara end-to-end beserta value chain-nya dari hulu ke hilir. Melalui Kopra by Mandiri, cukup dengan single sign on nasabah wholesale bisa mengakses portal yang sudah ada sebelumnya, seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, hingga Online Custody. Selain itu, Kopra by Mandiri juga terbagi menjadi tiga varian layanan yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership.

Keunggulan layanan tersebut terbukti direspon dengan sangat positif oleh nasabah. Pada Juni 2022, rata-rata jumlah dan volume transaksi wholesale melalui Kopra meningkat masing-masing sebesar 37% dan 27% dibandingkan pada saat pertama kali diluncurkan.

Kopra by Mandiri juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan transaksi wholesale Bank Mandiri secara keseluruhan. Tercatat, jumlah transaksi wholesale Bank Mandiri hingga semester I 2022 tumbuh 72% secara tahunan (YoY) menembus 326 juta transaksi.

Platform digital wholesale andalan Bank Mandiri ini juga mampu mencatatkan peningkatan pengguna sebesar 137% dari 23 ribu pada akhir 2021 menjadi 55 ribu akhir Juni 2022 lalu. Nilai transaksinya mencapai Rp8.053 triliun atau tumbuh 29% YoY di semester I 2022. Akselerasi digital yang konsisten tersebut juga berhasil meningkatkan rasio dana murah (CASA) Bank Mandiri menjadi sebesar 75% di kuartal II-2022.

Atas capaian kinerja yang sangat apik tersebut, Bank Mandiri memperoleh penghargaan internasional dari FinanceAsia Country Awards sebagai Most Innovative Use of Technology untuk tahun 2022 melalui super platform Kopra by Mandiri.

Most Innovative Use of Technology merupakan kategori penghargaan terbaru yang ditambahkan FinanceAsia mulai tahun ini. Bank Mandiri menerima penghargaan tersebut karena menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pertumbuhan bisnis para klien di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19 dan tantangan kondisi ekonomi global, seiring dengan skema pemulihan ekonomi dari pemerintah.

Penghargaan dari FinanceAsia menjadi salah satu penanda bahwa Bank Mandiri telah berjalan ke arah yang benar sebagai bank penyedia solusi digital terbaik di Indonesia. Bank Mandiri pun akan terus melanjutkan serta memperkuat komitmen menghadirkan layanan perbankan digital yang melayani kebutuhan bisnis nasabah wholesale.

Kesuksesan Kopra by Mandiri tidak terlepas dari fitur-fitur keunggulan yang memberikan kemudahan transaksi bisnis nasabah wholesale. Cukup dengan single access pada portal Kopra, nasabah dapat memantau rekening secara real time, mendaftarkan supplier ke ekosistem rantai pasokan perusahaan, hingga memperoleh informasi transaksi secara menyeluruh melalui dashboard yang tersedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×