kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raup Laba Jumbo, Simak Strategi Bank BRI Menggenjot Kontribusi Anak Usaha


Selasa, 14 Februari 2023 / 15:02 WIB
Raup Laba Jumbo, Simak Strategi Bank BRI Menggenjot Kontribusi Anak Usaha
ILUSTRASI. Simak Strategi Bank BRI Menggenjot Kontribusi Anak Usaha Agar Lebih Besar. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI) mampu mendorong kinerja anak perusahaan dalam mengoptimalkan laba bagi group.

Seperti diketahui, BRI meraup laba bersih di 2022 sebesar Rp 51,4 triliun atau tumbuh 67% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 32,22 triliun. Kontribusi anak usaha BRI juga turut mendorong capaian kinerja tersebut.

Di sepanjang tahun 2022, total kontribusi laba seluruh anak usaha BRI mencapai 10,2% atau sebesar Rp 5,2 triliun. Sedangkan di tahun sebelumnya BRI menanggung kerugian karena nilai kontribusi anak usaha minus 4,5% atau hanya mencapai Rp 1,4 triliun.

Baca Juga: Naik 9,2%, Kucuran Kredit BRI Tembus Rp 1.139,08 Triliun Per Akhir 2022

Corporate Secretary BRI, Aestika Oryza Gunarto menyampaikan, dari sisi profitabilitas, kontribusi perusahaan anak yang tergabung dalam BRI Group tercatat 10,2% dibanding dengan total laba BRI Group secara keseluruhan, dengan penyumbang terbesar yakni Pegadaian dan PNM (Permodalan Nasional Madani).

"Perusahaan anak BRI yang tergabung dalam BRI Group digunakan untuk tiga fungsi utama. Pertama adalah untuk diversifikasi income, yang kedua adalah untuk spreading risk, dan yang ketiga adalah memperkuat customer base BRI," kata Aestika kepada kontan.co.id, Selasa (14/2).

Di sisi lain, dalam menggenjot kontribusi anak usaha agar lebih besar, kata Aestika akan terus didorong penguatan sinergi bisnis dan non bisnis antara BRI induk dan perusahaan anak maupun antar sesama Perusahaan Anak untuk meningkatkan cross selling produk BRI Group, sharing resources, dan eksplorasi new investment opportunities.

 

"BRI akan terus mendorong Perusahaan Anak untuk meningkatkan kontribusi laba-nya kepada BRI Group melalui revenue enhancement dan cost eficiency dengan mengoptimalkan sinergi BRI Group, serta didukung digitalisasi produk dan proses bisnis," jelasnya.

Menurutnya, ke depan perusahaan Anak BRI akan menjadi salah satu kontributor utama bagi laba BRI dan secara persentase akan terus meningkat kontribusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×