kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.543.000   4.000   0,26%
  • USD/IDR 15.862   -122,00   -0,78%
  • IDX 7.454   -37,85   -0,51%
  • KOMPAS100 1.153   -6,00   -0,52%
  • LQ45 913   -7,39   -0,80%
  • ISSI 227   0,42   0,19%
  • IDX30 470   -5,21   -1,10%
  • IDXHIDIV20 567   -5,83   -1,02%
  • IDX80 132   -0,64   -0,48%
  • IDXV30 141   0,49   0,35%
  • IDXQ30 157   -1,33   -0,84%

Revisi API, BI siapkan dua PBI


Kamis, 22 September 2011 / 20:08 WIB
Revisi API, BI siapkan dua PBI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau simulasi pemberian vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/11/2020). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.


Reporter: Astri Kharina Bangun | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Bank Indonesia mempersiapkan dua aturan baru terkait perlindungan nasabah yang sejalan dengan konsep revisi Arsitektur Perbankan Indonesia (API).

Kedua aturan tersebut adalah mengenai wealth management dan managing fraud. "Diusahakan sebelum akhir tahun keluarnya," ujar Deputi Gubernur BI Muliaman Hadad, Kamis (22/9).

Ia menambahkan, revisi API yang memang masih dalam penggodokan ini akan banyak memasukkan unsur perlindungan nasabah. Tidak seperti API sebelumnya yang berfokus pada manajemen risiko perbankan.

Ia menambahkan API yang baru nanti lebih bisa menjawab berbagai persoalan yang paling kini. "Saya kira isu perlindungan konsumen perbankan relatif terbatas di API yang lama. Ke depan kita akan tambahkan porsi lebih banyak dalam aspek perlindungan konsumen perbankan. Jadi tidak hanya di aspek bank tetapi juga di aspek nasabah," jelas Muliaman.

Dalam perlindungan konsumen ini, dimasukkan pula unsur edukasi finansial terhadap konsumen perbankan. Jangan sampai terulang lagi seperti di tahun 1998. Saat itu banyak nasabah marah dan menyalahkan perbankan karena jadi merugi. Lewat pemberian informasi yang tepat dan jelas diharapkan nasabah akan semakin paham mengenai produk perbankan. Termasuk, risiko-risiko yang bakal dihadapi.

Muliaman tak menyebutkan tenggat waktu penyelesaian revisi API. Namun, ia menekankan ke depan akan ada banyak aturan bank yang mengedepankan pentingnya perhatian bank terhadap penanganan konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Advokasi Kebijakan Publik di Era Digital (Teori dan Praktek) Mengenal Pentingnya Sustainability Reporting

[X]
×