kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,54   -19,95   -2.16%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebagian bank telah rilis produk QR code sesuaikan standar dari BI


Rabu, 08 Agustus 2018 / 14:38 WIB
Sebagian bank telah rilis produk QR code sesuaikan standar dari BI
ILUSTRASI. ilustrasi penggunaan QR Code


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Agung Jatmiko

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa bank tercatat sudah merilis produk QR code. Hal ini seiring dengan finalisasi standarisasi aturan QR code oleh Bank Indonesia (BI).

Indra Utoyo, Direktur IT BRI menyatakan pihaknya sudah mengeluarkan produk QR code yaitu MyQR dan telah mendapatkan izin implementasi QR payment.

Terkait standarisasi QR code Indra bilang saat ini sudah ada dari BI. BRI sudah berhasil mengikuti PTR (production test run) QR payment standar gerbang pembayaran nasional (GPN) yang diinisiasi oleh BI. Standarisasi ini baik sebagai acquirer maupun issuer.

Dadang Setiabudi, Direktur Teknologi BNI bilang saat ini standarisasi QR code sudah ditetapkan oleh regulator.

"Implementasi QR code standar ini akan menjadi katalisator percepatan implementasi cara bayar digital kepada pengusaha mikro maupun kecil," kata Dadang kepada kontan.co.id, Senin (6/8).

Hal tersebut dikarenakan hanya dengan satu QR code yang ditempatkan pada lokasi usaha, dapat diakses oleh beberapa penyelenggara melalui masing-masing aplikasi yang dikembangkan. Dengan demikian, biaya akuisisi dapat ditekan dan jumlah transaksi dapat meningkat.

Hal ini menurutnya menjadi tantangan bagi BNI untuk dapat selalu memberikan inovasi produk yang dibutuhkan oleh para nasabah sehingga produk-produk yang ditawarkan memiliki nilai lebih.

Bank BUMN lainnya, BTN, juga tengah mengembangkan QR code dan akan bersinergi dengan bank Himbara lain untuk memperluas jaringan merchant yang bekerja sama. Saat ini BTN sedang menantikan persetujuan perizinan OJK dan BI untuk implementasi teknologi QR code.

Tak hanya bank pelat merah, bank swasta pun juga aware dan telah mempersiapkan sistem QR code. CIMB Niaga misalnya, menurut Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan, pihaknya menyatakan sudah siap dengan QR code payment dan tinggal menunggu persetujuan standarisasi dari BI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×