Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konsumsi rumah tangga selama bulan Ramadan rutin selalu meningkat. Belanja bahan-bahan kebutuhan pokok naik pesat. Namun, bulan puasa tahun ini bakal beda dari tahun-tahun sebelumnya.
Pandemi virus corona (Covid-19) telah mengubah cara berbelanja masyarakat saat ini. Jika bulan Ramadhan tahun lalu mekanisme berbelanja masih lebih banyak menggunakan cara-cara konvensional, tahun tampaknya akan didominasi belanja online. Himbauan jaga jarak hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) bikin aktivitas di luar rumah sudah semakin terbatas.
Baca Juga: Tahun ini diproyeksi turun, Ini 10 BUMN penyetor dividen terbesar tahun 2019
Perbankan yang selalu memanfaatkan momen Ramadan mencari cuan tak tinggal diam. Promo-promo yang diusung pada momentum kali ini difokuskan untuk mendongkrak transaksi belanja online.
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) misalnya, mengeluarkan kampanye promo #antimatigaya di rumah. Lewat program ini, bank pelat merah ini menyuguhkan berbagai pengalaman kegiatan transaksional yang dapat dilakukan nasabah cukup di rumah saja mulai sejak bangun pagi, beraktivitas hingga beristirahat malam hari. Promo-promo yang diberikan tersebut bisa dilihat di website perseroan.
Dengan adanya berbagai pembatasan aktivitas di luar rumah, Bank Mandiri saat ini lebih fokus pada peningkatan layanan online melalui e-channel untuk kemudahan transaksi agar mendukung arahan pemerintah untuk beraktivitas #dirumahaja.
Bank Mandiri juga berupaya mengalihkan metode transaksi dari penggunaan mesin EDC ke transaksi e-commerce, dan percepatan implementasi merchant-merchant online dalam rangka menggenjot transaksi e-commerce. Dengan strategi itu, fee based income (FBI) dari e-channel tetap meningkat.
Baca Juga: Bank Genjot Transaksi Mobile Banking di Bulan Ramadan
"Dengan strategi #antimatigaya, diharapkan pada kuartal II 2020 kami bisa menjaga FBI, mengingat tren FBI bulan Maret & April 2020 telah menunjukkan penurunan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," kata SVP Transaction Banking and Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi pada KONTAN, Selasa (28/4).
Secara keseluruhan, Bank Mandiri masih mengalami pertumbuhan FBI 9,9% di kuartal I 2020. Itu didorong dengan peningkatan aktivitas transaksi yang dilakukan secara online melalui layanan Mandiri Online, transaksi e-commerce, dan transaksi pada merchant EDC khususnya yang menyediakan layanan pesan antar.
PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) juga meberikan promo bagi nasabah dalam berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan bulan puasa di tengah pandemi.
Kemudahan itu diberikan lewat channel pembayaran digital CIMB Niaga termasuk CIMB Clicks, QR Go Mobile, Rekening Ponsel, dan Virtual Card Number.
Bank ini menawarkan diskon 40% berbelanja di sejumlah e-commerce seperti Blibli, Dinomarket, Elevenia, iLotte, Jakmall, JD.id, K24 Klik, dan Tokopedia. Selain itu, belanja kebutuhan dapur secara online juga tersedia melalui Alfacart dan Kesupermarket.com.
Setiap transaksi akan mendapatkan potongan harga sebesar 20% jika menggunakan metode pembayaran CIMB Clicks dan Rekening Ponsel.
Baca Juga: Bank berlomba pacu transaksi mobile banking
"Dengan kemudahan yang ditawarkan CIMB Niaga, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokok tanpa harus keluar rumah dengan cara transaksi secara online," kata Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB Niaga, Selasa (28/4).
Walau mendorong transaksi online, CIMB juga tetap memberikan promo bagi nasabah yang ingin berbelanja secara langsung di merchant-merchant offline. Salah satunya, cashback hingga 50% dengan pembayaran QR Go Mobile di Ranch Market, Farmers Market, All Fresh, Lotte Mart, Indoguna Meatshop, dan Century.
Tak kalah saing, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) juga menawarkan beragam promo menarik bagi nasabah yang ingin berbelanja dari rumah lewat program bertajuk #RamadanDiRumah. Bank ini menawarkan diskon hingga Rp 200.000 berbelanja di marketplace, diskon hingga 23% berbelanja fashion, diskon hingga 35% untuk melengkapi kebutuhan lifestyle dan lain-lain.
"Nasabah dapat menikmati #RamadanDiRumah dengan promo spesial dari BCA," ujar Raymon Yonarto, Sekretaris Perusahaan BCA.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News