kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simpanan Nasabah Menengah Bawah Melesat


Minggu, 05 Juni 2022 / 13:00 WIB
Simpanan Nasabah Menengah Bawah Melesat
ILUSTRASI. Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simpanan nasabah menengah bawah melesat pada empat bulan pertama tahun 2022. Bahkan pertumbuhannya melebihi simpanan dengan nominal yang lebih tinggi.

Data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengenai distribusi nominal simpanan nasabah bank per April 2022 menunjukkan pertumbuhan simpanan di bawah Rp 100 juta, atau nasabah ritel naik tertinggi dalam sebulan, tiga bulan, enam bulan dan year to date (ytd).

Tercatat dalam sebulan tumbuh 7,0%, per tiga bulan naik 7,6%, per enam bulan melesat 7,9% dan secara ytd tumbuh 3,0%. Kenaikan simpanan ritel ini bahkan melebihi simpanan nasabah menengah atas dan nasabah super tajir di perbankan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menilai jenis simpanan ini mengalami kenaikan cukup signifikan mencapai 7,0% mom atau 7,7% yoy. Diperkirakan peningkatan ini didorong kenaikan pendapatan masyarakat berkat adanya Tunjangan Hari Raya (THR) di bulan April 2022.

Baca Juga: Bank Digital Gelontorkan Biaya Promosi Besar untuk Jaring Nasabah

"Selain itu, peningkatan simpanan di bawah Rp 100 juta ini juga merupakan dampak dari pemulihan ekonomi yang sudah menyentuh masyarakat bawah," kata Purbaya, Jumat (3/6).

Pemulihan ekonomi ini juga dipercepat dengan adanya pelonggaran Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah yang mempertimbangkan penurunan kasus Covid-19 serta vaksinasi yang terus meningkat.

"Bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat ekonomi lemah juga membantu sebagai penyangga (buffer) daya beli masyarakat golongan ini selama pandemi Covid-19," jelas dia.

Seiring dengan pemulihan ekonomi di tahun 2022, ia memperkirakan simpanan nasabah menengah bawah akan melanjutkan tren yang positif. Sejalan dengan perkembangan positif dari pemulihan ekonomi yang tak lepas dari sinergi Pemerintah, BI, OJK, dan LPS.

Baca Juga: Simak Prospek Saham dan Kinerja Bank Digital

Oleh karena itu, LPS bersama anggota yang tergabung dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) senantiasa akan terus mempererat koordinasi untuk mengantisipasi berbagai risiko terhadap stabilitas sistem keuangan.

"Kami juga akan terus mendorong upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional," terang Purbaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×