kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.420.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.500
  • IDX 7.598   -8,31   -0,11%
  • KOMPAS100 1.170   -0,62   -0,05%
  • LQ45 947   -3,55   -0,37%
  • ISSI 224   1,06   0,47%
  • IDX30 478   -3,40   -0,71%
  • IDXHIDIV20 578   -3,39   -0,58%
  • IDX80 132   -0,12   -0,09%
  • IDXV30 140   -0,46   -0,33%
  • IDXQ30 160   -0,60   -0,37%

Soal Opsi Demutualisasi AJB Bumiputera 1912, Ini Kata Pengamat


Rabu, 17 Juli 2024 / 15:17 WIB
Soal Opsi Demutualisasi AJB Bumiputera 1912, Ini Kata Pengamat
ILUSTRASI. AJB Bumiputera berpotensi mengambil opsi demutualisasi untuk menyehatkan keuangan perusahaan. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/11/01/2019.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 (AJB Bumiputera) berpotensi mengambil opsi demutualisasi untuk menyehatkan keuangan perusahaan. Skema itu juga tercantum dalam revisi Rencana Penyehatan Keuangan (RPK) dan telah diatur dalam Anggaran Dasar AJB Bumiputera. 

Sebenarnya skema demutualisasi itu sempat bergulir pada tahun lalu. Salah satunya karena adanya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 7 Tahun 2023 yang memberikan kewenangan bagi OJK bisa mengubah anggaran dasar perusahaan asuransi. 

Dalam POJK tersebut, AJB Bumiputera bisa menerapkan opsi demutualisasi atau mengubah bentuk badan hukumnya. Adapun penerbitan POJK Nomor 7 Tahun 2023 merupakan amanat dari UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang P2SK. Dalam Bagian Kelima BAB VII UU P2SK, tertera bahwa usaha bersama bisa mengubah bentuk badan hukum menjadi perseroan terbatas.

Baca Juga: Terkait Penyehatan Keuangan, AJB Bumiputera Berpotensi Ambil Opsi Demutualisasi

Mengenai hal itu, Pengamat Asuransi Irvan Rahardjo membenarkan bahwa opsi demutualisasi memang dimungkinkan oleh Anggaran Dasar AJB Bumiputera (Pasal 40) dan dipertegas dengan UU Nomor 4 Tahun 2023 tentang P2SK. 

"Adapun demutualisasi merupakan jalan keluar dan diyakini dapat menyehatkan AJB Bumiputera dengan adanya suntikan modal dari luar atau investor," ucapnya kepada Kontan, Rabu (17/7).

Menurut Irvan, demutualisasi akan berdampak positif bagi pemegang polis yang selama bertahun-tahun  menghadapi kesulitan pembayaran dari AJB Bumiputera. Sebab, perusahaan tersebut juga mengalami  kesulitan likuiditas dan solvabilitas.

Namun, Irvan tak memungkiri terdapat kerugian yang bisa dirasakan para pemegang polis terkait opsi demutualisasi. Dia bilang bagi pemegang polis yang berpandangan bahwa mereka juga sebagai pemilik perusahaan, tentu akan kehilangan status tersebut karena perusahaan akan dimiliki oleh investor. 

"Kecuali, pemegang polis akan ikut sebagai investor baru," ungkapnya.

Baca Juga: OJK Tengah Menganalisis Dokumen Revisi RPK AJB Bumiputera 1912

Irvan berpendapat dengan skema mutual yang akan dijalankan terlebih dahulu dan sudah ditetapkan manajemen dalam revisi RPK, dinilainya perusahaan tersebut masih akan tidak mampu mengatasi kesulitan likuiditas dan solvabilitas. Dia bilang hal itu juga sudah terbukti selama ini.

"Opsi mutual bisa saja berjalan, dengan catatan perusahaan berupaya mencairkan atau menjual sejumlah aset perusahaan yang sudah direncanakan di dalam RPK terbaru," ujarnya.

Namun, Irvan mengatakan hal itu terasa berat. Selain itu, dia menyampaikan apabila dilakukan demutualisasi, pemegang polis juga harus bisa memastikan hak-haknya sebagai pemegang polis nantinya dibayar penuh.

Lebih lanjut, Irvan membeberkan opsi demutualisasi bisa diawali dengan menggandeng strategic partner terlebih dahulu. Dia menerangkan hal itu sudah pernah dilakukan Bumiputera pada 2020, yakni menggandeng Sinar Mas membentuk PT Bumiputera (run off Bumiputera 1912). 

"Akan tetapi, tidak berlanjut karena adanya ketidaksepahaman dengan manajemen Bumiputera. Oleh karena itu, partner tersebut akhirnya berubah menjadi Bhinneka Life yang masih beroperasi hingga sekarang," tuturnya.

Irvan menyampaikan ada juga dampak positif dan negatif yang akan dirasakan manajemen Bumiputera apabila memilih opsi demutualisasi. Dampak negatifnya bagi manajemen Bumiputera, tentu pengurus nanti tak bisa hanya menjabat dengan menyandang status saja.

Dia menyebut nantinya mereka tidak lagi hanya berbekal sebagai pemegang polis Bumiputera, tetapi harus punya profesionalitas dan integritas sebagai eksekutif. Sebab, tidak lagi ditentukan oleh Rapat Umum Anggota (RUA), melainkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang lebih luas.

"Positifnya, mereka akan memiliki legitimasi yang lebih luas dari investor eksternal bukan hanya dari segelintir anggota RUA," katanya.

Sebagai informasi, OJK menyebut melalui revisi RPK, AJB Bumiputera ternyata masih memilih penyehatan dalam bentuk usaha bersama (mutual). Adapun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberikan pernyataan tidak keberatan atas revisi RPK pada 1 Juli 2024. 

Lebih lanjut, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono menjelaskan RPK merupakan usulan manajemen AJB Bumiputera yang telah disetujui Rapat Umum Anggota (RUA) melalui sidang luar biasa. Dalam RPK juga terdapat soal rencana perubahan badan hukum dari usaha bersama menjadi demutualisasi. 

"Perubahan badan hukum itu juga telah diatur dalam Anggaran Dasar AJB Bumiputera. Selain sesuai dengan ketentuan perundangan, pilihan opsi demutualisasi dilakukan Bumiputera dengan berupaya seoptimal mungkin terlebih dahulu menyehatkan perusahaan dengan skema penyehatan dalam bentuk usaha bersama (mutual)," ucapnya dalam lembar jawaban tertulis RDK OJK, Kamis (11/7).

Apabila pada batas waktu yang ditentukan dinilai tidak mampu menjalankan opsi mutual, Ogi bilang AJB Bumiputera yang telah diberikan waktu panjang untuk menyehatkan dalam skema tersebut harus menentukan opsi lain yang diatur dalam peraturan perundangan, termasuk anggaran dasar atau bisa terlaksana demutualisasi.

Ogi juga menyampaikan salah satu keunggulan dari demutualisasi adalah kemungkinan penyehatan yang tidak hanya didasarkan kepada kemampuan pemegang polis yang telah ada selaku pemilik perusahaan atau setara pemegang saham. Namun, opsi demutualisasi memungkinkan adanya tambahan modal dari investor strategis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Advanced Excel Formulas & Functions Supply Chain Management on Project Management Principles (SCMPMP)

[X]
×