kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,98   -7,53   -0.82%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi BRI Andalkan Agen BRILink Sukses Pacu Referral Kredit Ultra Mikro


Kamis, 11 Januari 2024 / 16:22 WIB
Strategi BRI Andalkan Agen BRILink Sukses Pacu Referral Kredit Ultra Mikro
ILUSTRASI. Kontan - BRI Jelajah Ekonomi Ultra Mikro Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Dalam menyalurkan kredit ultra mikro, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengandalkan AgenBRILink. AgenBRILink yang berasal dari anggota masyarakat menjadi keunggulan untuk menjangkau pelaku usaha mikro dan ultra mikro.

Per September 2023, jumlah AgenBRILink sudah mencapai 698.700 agen. Jumlah ini melesat 17% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu nilai transaksi BRILink di September 2023 mencapai Rp1,16 kuadriliun. Di periode yang sama setahun sebelumnya, nilai transaksi baru mencapai Rp963 triliun.

Baca Juga: Agen BRILink Tingkatkan Pelayanan Keuangan BRI Kepada Masyarakat

AgenBRILink juga menyumbang dana murah cukup besar bagi BRI. Nilai current account saving account (CASA) dari AgenBRILink di September 2023 mencapai Rp20,5 triliun, naik 9,1% secara tahunan.

Menariknya, nilai referral pinjaman dari BRILink melesat tajam. Per September 2023, jumlahnya mencapai 2,16 juta, melesat 258,6% dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.

Sugiharti, AgenBRILink di Desa Megulung Kidul, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berkisah, mayoritas nasabah yang ia layani melakukan transaksi dengan nominal terbilang kecil. Transaksi yang banyak dilakukan nasabah adalah tarik tunai, setor tunai hingga pembayaran cicilan.

Sugiharti juga melayani referral atau rekomendasi permohonan kredit mikro serta asuransi mikro bila ada nasabah yang berminat. “Tapi sejauh ini belum pernah,” tutur dia.

Sugiharti bercerita, ia telah menjadi AgenBRILink sejak tahun 2019. “Awalnya diajakin orang BRI, lumayan, kan, buat tambahan sambilan dari warung," ujar dia saat ditemui di kiosnya. Kebetulan, ibu rumah tangga berusia 33 tahun ini juga merupakan nasabah BRI. 

Sugiharti mengatakan, dalam satu hari dirinya bisa melayani hingga 20 transaksi. “Paling banyak biasanya tarik tunai, soalnya mempermudah, enggak harus ke BRI, apalagi untuk orang yang sudah tua," katanya. 

Baca Juga: BRILink dari BRI Tingkatkan Inklusi Keuangan dan Penyaluran Kredit Ultra Mikro

Selain menambah pendapatan, Sugiharti mengaku memperoleh banyak ilmu baru soal keuangan dari BRI. Bank pelat merah tersebut memberikan pelatihan rutin kepada para Agen BRILink setiap tiga bulan sekali, termasuk mengenai program-program BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×