kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel Mitra Investasi Pimpin Pendanaan ke EdenFarm Senilai US$ 13,5 Juta


Minggu, 05 Februari 2023 / 21:32 WIB
Telkomsel Mitra Investasi Pimpin Pendanaan ke EdenFarm Senilai US$ 13,5 Juta
ILUSTRASI. Telkomsel memulai aksi di bidang strategic investments menyentuh perkembangan ekosistem teknologi Indonesia pada sektor teknologi, media dan telekomunikasi melalui anak perusahaan bernama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investor semakin berhati-hati menggelontorkan dana mereka ke perusahaan rintisan alias startup. Mereka semakin selektif memberikan pendanaan,

Salah satu startup yang baru saja mendapat pendanaan adalah EdenFarm, yang memperoleh US$ 13,5 juta pada putaran pendanaan Pra Seri  B terbaru. Pendanaan dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI),i unit modal ventura Telkomsel.

Pendanaan tersebut bersama Appworks dan AC Ventures, serta didukung  perusahaan ventura lain. Seperti Decart Ventures, Fubon Capital, Trihill Capital, OCBC NISP Ventura, Nakhla dan Capria Ventures.

Baca Juga: Telkomsel Mitra Inovasi Tunjukkan Eksistensi di Perhelatan NEX-BE Fest 2022

EdenFarm merupakan startup agrikultur yang berfokus membangun ekosistem distribusi pangan (food supply chain ecosystem) nasional agar lebih menguntungkan bagi para petani dan seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian.

EdenFarm berhasil memperoleh pendanaan US$ 34,5 juta di sepanjang putaran pendanaannya sejak berdiri pada 2017. Investasi tersebut akan menjadi modal bagi EdenFarm untuk memperkuat penetrasi dalam menjaring lebih banyak mitra petani di seluruh Indonesia.

CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Mia Melinda mengatakan, TMI percaya pentingnya penggunaan tech for good dengan tujuan dan dedikasi untuk mendukung pemberdayaan entrepreneur maupun UKM.

Baca Juga: TelkomGroup Sukses Datangkan Investor Danai Startup Tanah Air Senilai USD 399 Juta

Jaringan B2B food supply chain EdenFarm dari hulu ke hilir  berhasil mendorong pemberdayaan petani lokal untuk memperoleh pendapatan yang lebih baik, sekaligus memberikan dampak positif di pedesaan.

“Dukungan EdenFarm melalui pendanaan dan kolaborasi jangka panjang dengan Telkomsel Digital Food Ecosystem (DFE),  salah satu inisiatif Telkomsel mendukung digitalisasi sektor pertanian,” terang Mia, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (3/2).

Founder dan CEO EdenFarm, David Setyadi Gunawan menjelaskan,  produk EdenFarm telah melayani setiap aspek di industri agrikultur. Mulai pertanian hingga distribusinya.

Baca Juga: Telkomsel Tunjukkan Manfat Teknologi 5G Smart Mining di SOE International & Expo G20

“Pendanaan terbaru ini akan memungkinkan kami mengembangkan kehadiran sekaligus memperkuat posisi EdenFarm sebagai pemain teknologi terbesar di sektor pertanian dan jasa pangan,” terang David.

Ia mengklaim, EdenFarm telah tumbuh hampir 60 kali lipat dalam 40 bulan terakhir. “Kami bertujuan meningkatkan laba dalam 12 bulan ke depan, seiring dengan pertumbuhan 3,5-4 kali secara yoy. Dari situ, kami akan fokus dalam berekspansi ke pasar yang baru,” tambah David.

EdenFarm saat ini telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan di segmen businees to business (B2B). Mulai pasar sekunder, pelaku UKM di bidang kuliner, horeka (hotel, restoran, & kafé), hingga mitra startup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×