kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah, OJK Rilis Program SICANTIKS


Jumat, 15 September 2023 / 15:21 WIB
Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah, OJK Rilis Program SICANTIKS
ILUSTRASI. Pejalan kaki melintas dekat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta (14/7). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/14/07/2016


Reporter: Vina Destya | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan upaya untuk meningkatkan literasi keuangan syariah, salah satunya dengan meluncurkan program SICANTIKS (Sahabat Ibu Cakap Literasi Keuangan Syariah) melalui peran para ibu di komunitasnya, di Bandung, Kamis (14/9).

Program SICANTIKS dibuat mengingat sampai saat ini indeks literasi dan inklusi keuangan syariah nilainya masih cukup rendah. Per tahun 2022, tingkat literasi keuangan syariah sebesar 9,14%, meningkat sedikit dari tahun 2019 yang tingkat literasinya sebesar 8,93%.

Sementara itu, tingkat inklusi keuangan syariah tercatat sebesar 12,12% per tahun 2022, meningkat dibandingkan tahun 2019 yang mencatatkan sebesar 9,10%.

SICANTIKS akan difokuskan pada para ibu penceramah, pimpinan, dan pengurus Majelis Taklim karena dinilai dapat memberikan pengaruh besar untuk meningkatkan literasi keuangan syariah kepada kelompok, komunitas, atau organisasi terkait.

Baca Juga: AXA Insurance Luncurkan Serangkaian Inovasi Produk dan Layanan Asuransi

OJK terus merancang serangkaian program dalam mendorong hadirnya Duta Literasi Perempuan Keuangan Syariah, di mana salah satunya dengan memberikan pelatihan literasi secara berkelanjutan kepada Key Opinion Leader (KOL) atau berbasis komunitas.

Melalui program ini, para ibu sebagai Duta Literasi Keuangan Syariah akan diberikan edukasi terkait produk-produk keuangan syariah, pembekalan melalui Training of Trainers (ToT) edukasi keuangan syariah, serta kolaborasi ini akan dijaga melalui grup whatsapp untuk bisa mendapatkan info atau isu terbaru terkait keuangan syariah.

Peluncuran ini dihadiri oleh Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jawa Barat Gandjar Yudniarsa, Ketua 1 Pimpinan Wilayah Persaudaraan Muslimah Jawa Barat Neneng Amiarti, Co-founder Sakinah Finance Muniarti Mukhlisin, serta ratusan ibu-ibu pimpinan, pengurus, penceramah dan perwakilan anggota aktif kelompok Majelis Taklim se Bandung Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×