kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan literasi, OJK gelar pameran di Makassar


Kamis, 02 Oktober 2014 / 18:21 WIB
Tingkatkan literasi, OJK gelar pameran di Makassar


Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Pegadaian dan lembaga jasa keuangan lainnya menggelar pameran keuangan di Mal Ratu Indah, Makassar, Sulawesi Selatan. Pameran ini digelar untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk dan layanan yang ditawarkan industri jasa keuangan, seperti perbankan, perasuransian, pembiayaan, dana pensiun, pasar modal serta PT Pegadaian.

Pameran keuangan ini merupakan salah satu upaya wasit industri keuangan untuk meningkatkan literasi keuangan secara nasional. Berdasarkan hasil survei literasi keuangan 2013, tingkat literasi keuangan nasional relatif rendah, yakni 21,84%. Rendahnya tingkat literasi keuangan ini terjadi pada semua golongan masyarakat.

Inilah yang kemudian mendasari lahirnya cetak biru strategi keuangan nasional oleh OJK pada 19 November 2013 lalu. Adapun, strategi nasional terdiri dari tiga pilar, dan salah satunya mengenai edukasi dan kampanye nasional literasi keuangan. Pilar ini memiliki program strategis, antara lain pameran dan seminar edukasi keuangan kepada masyarakat.

Firdaus Djaelani, Dewan Komisioner OJK berharap, pameran ini menjadikan masyarakat semakin mengenal produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan. “Sehingga, masyarakat akan menggunakan produk dan layanan jasa yang ditawarkan lembaga jasa keuangan,” ujarnya dilansir situs resmi OJK, Kamis (2/10).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program OJK yang bekerja sama dengan lembaga jasa keuangan dan pemerintah daerah untuk meningkatkan literasi keuangan dan utilitas terhadap produk dan layanan jasa keuangan. Mengingat, literasi dan utilitas masyarakat terhadap produk dan layanan keuangan masih rendah.

Pameran keuangan ini juga diharapkan mempererat kerja sama antara OJK, industri jasa keuangan dan pemerintah daerah. Sehingga, semua pihak secara bersama-sama dapat meningkatkan literasi dan utilitas masyarakat terhadap produk dan layanan lembaga jasa keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×