Reporter: Rilanda Virasma | Editor: Khomarul Hidayat
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) mencatat nilai transaksi layanan ekspor mencapai US$ 31,4 miliar per Mei 2025, meningkat 69% secara tahunan (YoY). Sementara, nilai layanan transaksi impor juga naik 3% YoY mencapai US$ 28,9 miliar di periode yang sama.
Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara mengatakan, pertumbuhan ini berkat sejumlah strategi yang dilakukan pada berbagai produk trade finance. Seperti transaksi documentary credit, documentary collection, dan open account yang dirancang untuk memperlancar transaksi bisnis sejak tahap pra hingga pasca pengiriman.
“Kami melihat layanan trade finance telah menjadi komponen krusial dalam perdagangan domestik maupun global dalam memfasilitasi transaksi dan menyediakan solusi keuangan bagi importir dan eksportir,” ujar Ossy kepada Kontan, Rabu (18/6).
Baca Juga: Per April 2025, Nilai Transaksi Kartu Kredit Bank Mandiri Tumbuh 23%
Ossy bilang, seluruh layanan ini dapat diakses lewat super app Kopra by Mandiri. Platform ini telah dirancang khusus untuk menyatukan kebutuhan nasabah korporasi secara digital.
Hingga kuartal l 2025 saja, Kopra mencatatkan volume transaksi sebesar Rp 23,82 triliun, tumbuh 21% YoY.
Lewat fitur-fitur unggulannya seperti konfirmasi bank garansi berbasis IVR dan pemindaian QR Code melalui aplikasi Kopra Mobile, platform ini Ossy dapat menyederhanakan proses verifikasi secara real-time.
Ke depan, kata Ossy, Bank Mandiri Ossy akan terus mengembangkan layanan ini untuk memperkuat posisi nasabah di pasar domestik maupun internasional.
Baca Juga: Bisnis Trade Finance Bank DBS Indonesia Tumbuh 12% per Mei 2025
Selanjutnya: Indeks Dolar AS Menguat, Tapi Diprediksi Cuma Sementara karena Faktor Ini
Menarik Dibaca: Apa Saja Makanan Diet Pengganti Nasi yang Direkomendasikan? Ini 15 Daftarnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News