kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi Melalui Mesin EDC di Momen Ramadan & Lebaran Diproyeksikan Meningkat Pesat


Senin, 25 Maret 2024 / 19:54 WIB
Transaksi Melalui Mesin EDC di Momen Ramadan & Lebaran Diproyeksikan Meningkat Pesat
ILUSTRASI. Transaksi Debit: Transaksi menggunakan kartu debit di sebuah supermarket di Depok, Jawa Barat, Selasa (7/2/2023). Transaksi Melalui Mesin EDC di Momen Ramadan & Lebaran Diproyeksikan Meningkat Pesat.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi perbankan melalui mesin electronic data capture (EDC) pada momen Ramadan dan Lebaran 2024 diproyeksikan mengalami peningkatan.

Hal ini sejalan dengan meningkatnya aktivitas perekonomian serta mobilitas masyarakat. Terlebih dengan banyaknya promo yang juga ditawarkan perbankan bagi nasabah.

Direktur IT dan Digital PT Bank Tabungan Negara (BTN) Andi Nirwoto menyampaikan, momen Ramadan dan Lebaran merupakan salah satu momen peak season tahunan yang selalu pihaknya persiapkan dengan baik untuk nasabah dan masyarakat pengguna jasa BTN.

Baca Juga: Tebar Banyak EDC Demi Dorong Transaksi

"Khusus pada momen Ramadan dan Lebaran 2024, kami telah mempersiapkan beragam promo menarik bagi masyarakat khususnya nasabah BTN untuk melakukan transaksi di EDC BTN. Hal tersebut diprediksi akan mampu meningkatkan jumlah sales volume transaksi di EDC BTN hingga lebih dari 25% dari bulan-bulan regular," ungkap Andi kepada kontan.co.id, Senin (25/3).

Andi menjelaskan, rata-rata sales volume transaksi EDC BTN di bulan reguler mampu mencapai Rp 100 miliar, dengan prediksi peningkatan sales volume hingga 25%, pihaknya optimistis di momen Ramadan dan Lebaran 2024 akan mampu melayani transaksi hingga kurang lebih mencapai Rp 125 miliar.

Per Februari 2024, BTN juga telah memasang lebih dari 70.000 mesin EDC di berbagai merchant strategis di Indonesia. Jumlah tersebut tumbuh lebih dari 42% dari jumlah EDC yang terpasang tahun lalu.

Baca Juga: Transaksi Melalui Mesin EDC Meningkat Pesat di Awal Tahun 2024

Andi menyebut, jumlah EDC ini konsisten akan pihaknya evaluasi dan jaga tingkat pertumbuhannya sehingga utilitas mesin EDC mampu memberikan dampak positif bagi nasabah dan BTN.

Di tahun 2024 ini, BTN juga akan berfokus pada peningkatan kualitas mesin EDC agar dapat memberikan layanan optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu, BTN menargetkan di tahun 2024 akan mampu menambah minimal 15.000 merchant baru yang terpasang EDC BTN.

"Sehingga diharapkan di tahun 2024 ini BTN sudah memiliki total lebih dari 85.000 mesin EDC yang terpasang di merchant mitra kami," tambahnya.

Untuk meningkatkan jumlah transaksi di EDC BTN, pihaknya juga aktif berkomunikasi dengan mitra merchant dan kasir yang mengoperasikan mesin EDC serta Bank Himbara. Tentunya hal tersebut juga didukung dengan program promo BTN agar mampu menarik masyarakat untuk bertransaksi di merchant tersebut.

Baca Juga: Tebar Banyak Promo, Transaksi Melalui Mesin EDC Meningkat Pesat di Awal Tahun

Setali tiga uang, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn juga melihat animo yang tinggi dari masyarakat dalam bertransaksi selama momen Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, termasuk transaksi perbankan dengan menggunakan EDC. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×