kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transaksi QRIS pada Dompet Digital Semakin Melesat


Kamis, 14 April 2022 / 19:15 WIB
Transaksi QRIS pada Dompet Digital Semakin Melesat
ILUSTRASI.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pergeseran kebiasaan masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan transaksi digital telah menjadi hal yang lumrah dalam transaksi ekonomi di masa kini, karena dianggap lebih cepat, mudah, sekaligus murah.

Salah satu pembayaran digital yang kini sering digunakan adalah Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Seiring dengan upaya regulator dan industri keuangan mendorong inklusi keuangan nasional, penggunaan QRIS pun kian meningkat.

Bank Indonesia mencatat, nominal transaksi QRIS naik empat kali lipat pada Februari 2022 atau mencapai Rp 4,5 triliun. Hal ini didukung dengan 15,7 juta merchant yang telah memiliki kode QR sebagai satu metode pembayaran.

Platform dompet digital OVO menyatakan, saat ini telah menggandeng lebih dari 1,3 juta merchant QRIS, dengan total UMKM mencapai di atas 95%. 

"Peningkatan jumlah merchant QRIS antara lain karena faktor pandemi yang menyebabkan banyak orang lebih memilih uang nir-tunai, serta adanya berbagai upaya edukasi dan sosialisasi manfaat QRIS," ujar Harumi Supit, Head of Corporate Communications OVO kepada kontan.co.id, Rabu (13/4).

Baca Juga: Gencarkan Transformasi Digital, Cashlez Hadir di Sarinah

Harumi menyampaikan, bahwa OVO berkomitmen untuk terus ikut berperan mendorong sosialisasi QRIS, baik di kalangan merchant maupun pengguna OVO, guna mewujudkan kenyamanan lebih bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran digital.

Penyedia jasa pembayaran digital, LinkAja juga mengaku, pandemi telah mengakselerasi adopsi ekonomi digital masyarakat, termasuk peningkatan transaksi pada layanan LinkAja, baik LinkAja Reguler maupun LinkAja Syariah.

Higga saat ini, total merchant LinkAja yang telah menggunakan QRIS berjumlah lebih dari 2,5 juta merchant lokal, dan lebih dari 450.000 merchant nasional.

Berdasarkan pengalaman di Ramadan 2021 lalu, Fitur yang banyak digunakan pengguna LinkAja Syariah yaitu fitur yang berkaitan dengan aktifitas keagamaan seperti pembayaran zakat, Infaq dan Wakaf, maupun pengiriman uang kepada keluarga yang menggunakan LinkAja.

"Data kami mencatatkan adanya peningkatan penggunaan untuk fitur ini sebesar 100% selama bulan Ramadhan.Berdasarkan pengalaman di Ramadan 2021 lalu, LinkAja Syariah sendiri mengalami peningkatan jumlah transaksi lebih dari 25%," papar Wibawa Prasetyawan, Plt Direktur Utama LinkAja .

Baca Juga: BRI Layani Zakat, Infak dan Sedekah Bisa lewat BRImo

Faktor pendorongnya yaitu, melalui berbagai transaksi andalan yang digunakan seperti pembelian produk Telco (Pulsa/Data), Cash In & Cash Out (top up,tarik tunai, transfer), serta Online payment (Bayar Token PLN/ Tagihan Listrik, PDAM, Gas, Tagihan TV Kabel, Internet, Tagihan Telpon, games, termasuk didalamnya ZISWAF dan Qurban.

Sementara untuk layanan LinkAja regular, di bulan Ramahan tahun lalu LinkAja melihat adanya peningkatan transaksi akan kebutuhan esensial sehari-hari seperti membayar telepon, pembelian voucher games, beli pulsa, membayar tagihan, menarik uang via atm HIMBARA, beli bbm di SPBU (melalui MyPertamina) mengalami peningkatan sebesar lebih dari 50%.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×