Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memperkuat transformasi layanan perbankan digital dan fisik seiring meningkatnya kebutuhan nasabah.
Hingga semester I-2025, frekuensi transaksi yang diproses BCA tumbuh 17% secara tahunan (year-on-year/YoY), atau naik 3,5 kali lipat dibanding lima tahun lalu. Pada puncaknya, BCA mampu memproses hingga 200 juta transaksi per hari.
Jumlah rekening nasabah juga meningkat menjadi lebih dari 42 juta per Juni 2025. Pertumbuhan ini ditopang oleh kombinasi layanan digital dan fisik. Di kanal digital, aplikasi myBCA dan BCA mobile menjadi lini utama solusi mobile banking.
Baca Juga: Volume Transaksi QRIS BCA Melesat 125% pada Semester I-2025
Transaksi mobile dan internet banking BCA naik 19% YoY hingga Juni 2025. Aplikasi myBCA juga diperbarui dengan sejumlah fitur baru, termasuk QRIS TAP, Investment Goals, transfer remitansi keluar (outgoing remittance) berbasis Poket Valas, integrasi portofolio saham dan obligasi BCA Sekuritas, serta pembukaan rekening online dengan nomor telepon luar negeri.
Di sisi layanan fisik, BCA tetap menjaga kehadiran 1.264 kantor cabang, di mana lebih dari 80% telah mengadopsi inovasi perangkat digital.
Perseroan juga melakukan peremajaan mesin ATM menjadi Cash Recycling Machine (CRM), sehingga nasabah dapat melakukan setor maupun tarik tunai. Hingga Agustus 2025, BCA memiliki 19.961 ATM di seluruh Indonesia, dengan sekitar 75% di antaranya sudah berupa CRM.
Untuk menjaga keamanan transaksi, BCA menerapkan pendekatan menyeluruh berbasis tiga aspek utama—People, Process, dan Technology—yang terus diperbarui sesuai dinamika ancaman siber.
Baca Juga: Transaksi Tumbuh 17,63%, Indonesia Gadai Oke Optimis Hadapi Persaingan Industri Gadai
Selain layanan perbankan, BCA melalui Bakti BCA tetap menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR).
Sepanjang 2025, inisiatif yang dilakukan meliputi program Beasiswa Bakti BCA untuk 700 mahasiswa di 20 perguruan tinggi, fasilitasi 2.000 sertifikat halal bagi UMKM, program UMKM BCA Go Export 2025, hingga pemberdayaan sahabat disabilitas melalui pelatihan bersertifikat.
BCA juga menggelar operasi katarak gratis di Halmahera Timur dan Bengkulu, serta menghadirkan program Genera-Z Berbakti, kompetisi nasional pengabdian masyarakat oleh mahasiswa.
Presiden Direktur BCA Hendra Lembong menegaskan bahwa pertumbuhan layanan digital dan fisik ini bertujuan untuk mendampingi setiap langkah nasabah.
“Kepercayaan nasabah menjadi motivasi utama bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan berkualitas. Kami berharap dapat terus menghadirkan pengalaman perbankan yang aman, nyaman, dan terpercaya,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (5/9/2025).
Baca Juga: Transaksi Judi Online Lewat Dompet Digital Turun 80% Berkat Laporan Publik
Sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan dengan nasabah, BCA juga merayakan Hari Pelanggan Nasional 2025 pada Kamis (4/9). Dengan tema “With You in Every Beat”, jajaran direksi BCA turun langsung menyambut dan melayani nasabah di sembilan Kantor Cabang Utama (KCU).
Hendra Lembong hadir di KCU BCA Mangga Dua Raya dan KCU Asemka, Wakil Presiden Direktur Armand Hartono di KCU Green Garden, Direktur Haryanto T. Budiman di KCU Kebayoran Baru, KCU Matraman, dan KCU Kuningan, Direktur Antonius Widodo Mulyono di KCU Cibubur, serta Direktur Hendra Tanumihardja di KCU Gading Serpong dan KCU Wisma Asia.
Selanjutnya: Belum Digarap Maksimal, Nilai Pasar Industri Olahraga Indonesia Hampir US$ 600 M
Menarik Dibaca: Apakah Makan Seblak Tidak Baik bagi Kesehatan Tubuh? Ini Kata Dokter
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News