CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Tren Pembayaran di Masa Ramadan: Ewallet Jadi Favorit


Kamis, 14 April 2022 / 19:00 WIB
Tren Pembayaran di Masa Ramadan: Ewallet Jadi Favorit


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya untuk meningkatkan kemudahan akses transaksi digital terus dilakukan melalui ketersediaan infrastruktur solusi bisnis digital. 

Hal tersebut diharapkan akan memberikan dorongan kepada peningkatan transaksi masyarakat di masa pandemi karena dengan mudah dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Transaksi online kian mendominasi di berbagai lini bisnis, baik yang berhubungan dengan pembayaran, produk ritel dan jasa, maupun pengantaran makanan.
Kemudahan akses dan besarnya potensi pasar di satu sisi mendatangkan banyak keuntungan, namun tak dapat dipungkiri menciptakan persaingan usaha yang semakin kompetitif.

Alhasil penting bagi pelaku usaha, termasuk UMKM untuk memahami tren pasar dan memanfaatkan momentum emas, termasuk selama bulan puasa dan menjelang Lebaran. Perputaran uang terjadi dengan sangat cepat menyusul tingginya kebutuhan masyarakat di berbagai aspek.

Kontan - Gopay Kilas Online

Sebagai ekosistem teknologi dengan jaringan mitra yang luas di seluruh Indonesia, Gojek dan GoTo Financial melihat adanya tren utama yang berpotensi mendorong geliat ekonomi UMKM selama bulan Ramadan.

Pertama, tren pembayaran berbentuk e-wallet masih menjadi mayoritas metode pembayaran konsumen yang berbelanja online, namun opsi pembayaran offline juga harus disiapkan. Seiring dengan aktivitas offline yang semakin meningkat, penting bagi pelaku UMKM untuk menyediakan berbagai opsi pembayaran agar pengalaman belanja pelanggan menjadi semakin nyaman.

Kedua, untuk pelaku usaha yang mulai menitikberatkan penjualan offline, GoBiz PLUS bisa jadi solusi. Walaupun demikian, tak bisa dipungkiri metode pembayaran e-wallet mendominasi.  Hal ini dapat dilihat dari catatan Ramadan 2021, GoPay menjadi pembayaran utama hingga lebih dari 60% bagi konsumen yang bertransaksi online lewat payment gateway Midtrans, yang diikuti dengan transfer bank (13.5%) dan kartu kredit (10.5%)

Group Head Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan menjelaskan seiring dengan  aktivitas kegiatan sehari-hari maupun berbelanja yang masih terpusat secara online, tren data menjadi sangat penting dipahami mitra usaha untuk memahami pergeseran pola konsumsi, melakukan adaptasi operasional usaha, hingga dapat membuat inovasi produk selama Ramadan. 

Tak hanya itu, mitra usaha dapat menentukan strategi yang efektif selama bulan Ramadan dengan memahami tren data, termasuk menentukan kapan dan bagaimana meningkatkan penjualan produk dan jasa di berbagai kanal, baik di outlet toko maupun media sosial.  

Tren serta insight bisnis selama Ramadan ala Gojek dan GoTo Financial dapat ditilik di, ebook “5 Tips #JosGandos Dongkrak Penjualan Selama Ramadan 2022” yang bisa diakses secara gratis pada tautan gjk.id/josgandos. Selain itu, ada pula kamu bisa mendengarkan podcast edukasi bisnis dari pejuang cuan sukses lewat podcast Lika Liku Laku via Youtube dan Spotify.

"Sebagai partner pertumbuhan mitra usaha, Gojek dan GoTo Financial terus berkomitmen hadirkan ragam solusi teknologi dan non-teknologi yang holistik bagi para UMKM dan mitra usaha di berbagai fase pertumbuhan mereka sehingga pada akhirnya dapat mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia,” ujar Bayu.

Gojek dan GoTo Financial juga melihat adanya tren Produk Ritel & Jasa. Diperkirakan usaha offline kembali dilirik, penting bagi UMKM untuk pintar menangkap peluang demi mendongkrak penghasilan setelah Ramadan Produk fashion & beauty mengalami peningkatan peminat di bulan Ramadan hingga 285%, dibandingkan bulan-bulan sebelum Ramadan tahun 2021. Walaupun terjadi penurunan penjualan setelah Ramadan 2021, rata-rata pendapatan mitra usaha sektor retail fashion & beauty masih lebih tinggi 107% dibandingkan sebelum Ramadan.

"Bagi yang ingin mendongkrak penjualan jangka panjang, manfaatkan momen Ramadan untuk mencoba berbagai strategi penjualan. Keberhasilan di Ramadan bisa menjadi pembelajaran penting untuk bertahan dalam jangka panjang," jelas Bayu. 

Berbagai lini bisnis mulai menggeliat seiring dengan pemulihan ekonomi nasional yang kian positif, sehingga penting bagi pelaku UMKM untuk merespon dengan bijak dan mengandalkan ekosistem Gojek dan GoTo Financial guna meningkatkan peluang penjualan.

Menyambut kemudahan tersebut, Zyta, Founder dari Zytadelia, usaha fesyen lokal yang menggunakan Midtrans, payment gateway terdepan bagian dari GoTo Financial, mengatakan Ramadan menjadi bulan yang spesial secara pribadi dan juga bisnis Zytadelia. Pelanggan beramai-ramai mencari produk-produk hijab dan busana lainnya yang telah ditawarkan.

"Sejak berpartner bersama Midtrans sejak 2019 untuk situs zytadeliastore.com, insight dari sisi pembayaran maupun perilaku konsumen yang selama ini dibagikan Gojek dan GoTo Financial saat Ramadan maupun setelahnya dapat memberikan gambaran besar transaksi maupun masalah umum yang dihadapi para penjual," jelasnya.

Dengan berbekal pola pembayaran yang dilakukan konsumen, Zytadelia dapat mempersiapkan diri menyambut Ramadan 2022 ini dengan strategi produksi dan penjualan yang tepat. 

Tantangan yang dihadapi para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan transaksi dapat terbantu dengan solusi tepat sesuai dengan tren berbasis data, yang dihadirkan oleh Gojek dan GoTo Financial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×