kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.340
  • EMAS679.000 -0,29%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Volume penjaminan Jamkrindo tembus Rp 49,07 triliun per Maret 2019

Rabu, 01 Mei 2019 / 18:11 WIB

Volume penjaminan Jamkrindo tembus Rp 49,07 triliun per Maret 2019
ILUSTRASI. Kantor pusat Jamkrindo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis penjamian kredit pada tiga bulan pertama 2019 masih tumbuh subur. Hal ini terlihat dari volume penjaminan Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) meningkat dibandingkan tahun lalu.

Direktur Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko Jamkrindo Ignatius Rusdonobanu mengatakan, sampai Maret 2019, Jamkrindo mencatatkan volume penjaminan konsolidasi sebesar Rp 49,07 triliun. Jumlah tersebut meningkat 15,86% dibandingkan realisasi Maret tahun lalu yakni Rp 42,35 triliun.


“Volume penjaminan naik karena bisnis perusahaan juga meningkat. Dan kenaikan itu merupakan normal di awal tahun,” kata Rusdonobanu di kantornya, Jakarta belum lama ini.

Adapun volume penjaminan tersebut berasal dari bisnis Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Non-KUR. Dari pencapaian Rp 49,07 triliun, bisnis Non-KUR menyumbang porsi terbesar yaitu 73,42% sedangkan sisanya dari KUR.

Sampai dengan akhir tahun, Jamkrindo menargetkan volume penjaminan sebesar Rp 182,36 triliun sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019. Pihaknya optimistis bisa mencapai target tersebut karena melihat tren pertumbuhan KUR dan ekonomi di tanah air masih positif.

“Kami masih optimistis karena perbankan juga harus memenuhi 20% kredit ke sektor usaha mikro, kecil dan menengah. Mereka tidak berani menyalurkan kredit begitu saja karena risikonya tinggi, maka itu perlu dijamin oleh Jamkrindo,” jelasnya.

Untuk penjamian KUR sendiri, Jamkrindo telah bekerja sama dengan sejumlah bank. Baik dari Bank Pembangunan Daerah (BPD), bank pelat merah yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) serta bank swasta.

Tahun ini perseroan tidak berniat menambah cabang baru, karena 56 kantor cabang yang tersebar di Indonesia dianggap telah mencukupi. Jamkrindo lebih memilih fokus mengembangkan pemasaran secara digital untuk mempercepat proses bisnis.

“Kami akan memperkuat IT dan sumber daya manusia dalam meningkatkan marketing, terutama dalam proses penagihannya. Kami sekarang mengembangkan IT yang mengintegrasikan data antara bank dan perusahaan leasing,” pungkasnya.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0664 || diagnostic_web = 0.3084

Close [X]
×