kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wah, peserta Tapera sudah bisa mulai mengajukan KPR dengan bunga mulai dari 5%


Kamis, 20 Mei 2021 / 13:26 WIB
Wah, peserta Tapera sudah bisa mulai mengajukan KPR dengan bunga mulai dari 5%
ILUSTRASI. Sejumlah buruh mengerjakan pembangunan perumahan bersubsidi di Leyangan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Jumat (15/4). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pd/16.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat Indonesia akan semakin dimudahkan memiliki rumah. Kini fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga terjangkau sudah bertambah. Selain KPR subsidi dengan skema FLPP dan Subsidi Selisih Bunga (SSB), kini sudah ada fasilitas KPR Tapera. 

Para penerima manfaat Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sudah bisa mengajukan pembelian rumah dengan KPR. Pasalnya, Badan Pengelola Tapera (BP Tapera) telah resmi bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Perum Perumnas. 

KPR Tapera menawarkan tiga skema pembiayaan sesuai kelompok penghasilan. Untuk kelompok Penghasilan I dengan penghasilan di bawah Rp 4 juta akan mendapatkan suku bunga KPR sebesar 5% fixed rate dengan tenor sampai dengan 30 tahun. 

Baca Juga: Bank Mandiri akan luncurkan layanan paylater pada kuartal IV 2021

Pada kelompok penghasilan II dengan penghasilan berkisar Rp 4 juta-Rp 6 juta dikenakan bunga KPR 6% fixed rate dengan tenor sampai dengan 20 tahun. Kemudian, untuk kelompok penghasilan III dengan penghasilan Rp 6 juta-Rp 8 juta dapat mengakses KPR dengan bunga 7% fixed rate dengan tenor sampai dengan 20 tahun. 

Untuk dapat mengakses KPR Tapera, masyarakat diwajibkan untuk memenuhi ketentuan dan persyaratan untuk mendapatkan Pembiayaan Tapera seperti Peserta masuk ke dalam golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ,belum memiliki rumah dan menjadi peserta Tapera aktif dan lancar membayar simpanan peserta selama 12 bulan. 

Adapun harga rumah yang dapat dimiliki peserta aktif Tapera beragam mulai dari Rp112 juta hingga Rp 292 juta.  Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, lewat kolaborasi ini, BP Tapera bersama Bank BTN dan Perumnas akan segera mewujudkan Proyek Inisiasi Penyaluran Pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat yang akan jadi batu lompatan untuk mencapai target pemenuhan kebutuhan rumah rakyat Indonesia. 

“Pada Proyek Inisiasi ini, kami menargetkan akan ada 11.000 unit rumah yang dibiayai melalui KPR Tapera. Untuk tahap pertama, proyek inisiasi akan ditujukan bagi peserta awal BP Tapera yakni para ASN” tutur Adi dalam keterangan resminya, Kamis (20/5). 

Baca Juga: Catat, ini batas akhir penukaran kartu ATM/Debit BCA dan BRI

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengapresiasi inisiatif BP Tapera dalam menggandeng perusahaan milik negara yang fokus di sektor perumahan untuk mewujudkan mimpi besar memenuhi kebutuhan rumah masyarakat Indonesia. Bank BTN pun, lanjutnya, sigap berinovasi untuk menghadirkan produk KPR Tapera sehingga mempercepat pencapaian target besar tersebut.  

“Kami berkomitmen terus membantu BP Tapera untuk mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia memiliki rumah yang layak huni. Selain penyaluran KPR Tapera, Bank BTN siap berinovasi untuk terus berkolaborasi dengan BP Tapera untuk mempercepat pemilikan rumah impian bagi masyarakat Indonesia,” ujar Haru.   

Selanjutnya: BP Tapera, BTN, dan Perumnas berkolaborasi beri kemudahan untuk memiliki rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×