Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Hendra Gunawan
JAKARTA. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha optimistis prospek bisnis di tahun depan bisa lebih baik dibanding tahun ini. Perusahaan asuransi yang lebih dikenal dengan nama Wanaartha Life ini menargetkan setidaknya bisa meraup pendapatan premi Rp 4,6 triliun tahun depan.
Direktur Wanaartha Life Yanes Y. Matulatuwa mengatakan, asuransi ini membidik pertumbuhan premi 15% pada tahun 2014 dibandingkan realisasi tahun lalu. Yakni dari Rp 3,4 triliun menjadi Rp 3,9 triliun. "Jadi tahun depan kami menargetkan bisa tumbuh di kisaran 20%," imbuhnya.
Yanes mengakui, industri asuransi jiwa masih menyisakan tantangan berat untuk menorehkan pertumbuhan di tahun depan. Di antaranya karena minat masyarakat berasuransi masih rendah dan persaingan yang makin ketat.
Namun, Wanaartha Life siap menghadapi persaingan ini dengan menyiapkan sejumlah strategi. Misalnya dengan cara memperluas cakupan produk untuk menyasar segmen konsumen yang selama ini belum digarap secara maksimal.
Wanaartha Life menyiapkan beberapa produk baru yang bakal dirilis guna mengisi kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Misalnya, perusahaan ini akan merilis produk asuransi kesehatan yang menanggung seluruh anggota keluarga hanya dengan satu polis.
Dari sisi penyebaran produk, Wanaartha Life berniat kembali memperkuat jalur distribusi keagenan. Perusahaan asuransi jiwa ini berencana menambah sekitar 1.000 agen lagi untuk memperkuat penjualan produknya pada tahun depan.
Jalur distribusi keagenan memang menjadi andalan Wanaartha Life saat ini. Dengan sekitar 2.000 agen, jalur keagenan berkontribusi sekitar 90% dari total premi. "Kami akan banyak melakukan rekrutmen," ujar Yanes.
Sementara terkait prospek dari lini asuransi mikro, Yanes menilai perusahaan asuransi termasuk Wanaartha Life bisa mendapat keuntungan dengan memasarkan produk tersebut. Meski kontribusinya kepada premi memang kecil, produk asuransi mikro bisa memperluas basis nasabah. Pasalnya, segmen pasar dari asuransi mikro ini terbilang luas, yakni kalangan masyarakat menengah ke bawah yang jumlahnya sangat besar.
Makanya, Wanaartha turut memasarkan produk asuransi mikro bertajuk Si Peci yang diinisiasi oleh asosiasi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News