kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk, Pelajari Lebih Dalam Soal Valuasi Perusahaan


Rabu, 09 September 2020 / 06:51 WIB
Yuk, Pelajari Lebih Dalam Soal Valuasi Perusahaan


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Anda ingin mencoba berinvestasi di pasar modal? Atau Anda seorang eksekutif di perusahaan yang ingin mengetahui cara dan teknik untuk meningkatkan nilai perusahaan Anda?

Bagi investor saham, mengetahui nilai (valuasi) perusahaan sesungguhnya ini penting supaya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat kapan Anda harus mengantongi atau melepas suatu saham perusahaan. Valuasi perusahaan juga berperan penting dalam pengambilan keputusan investor untuk memberikan pendanaan. 

Selain itu, valuasi perusahaan juga menjadi pertimbangan dalam menilai kinerja manajemen perusahaan. Maklum, kinerja manajemen perusahaan ini sangat erat kaitannya dengan kenaikan kapitalisasi pasar suatu perusahaan.

Ada banyak hal yang perlu dicermati dalam memberi penilaian (valuasi) untuk sebuah perusahaan yang melantai di bursa. Bahkan, saat ini, valuasi adalah salah satu topik penting di dunia keuangan. Alhasil, pengetahuan seputar valuasi perusahaan dan tekniknya penting dimiliki seorang eksekutif perusahaan, pemegang saham, investor, analis dan para pelaku pasar modal. 

Valuasi adalah suatu teknik multi disiplin yang berpijak pada pemahaman model bisnis yang menyeluruh (komprehensif) dan integritas input yang digunakan. Terdapat beberapa teknik dalam melakukan valuasi perusahaan. Yang paling sering digunakan adalah Relative Valuation (RV) dan Discounted Cash Flow (DCF).

Sesuai dengan namanya, teknik Relative Valuation (RV) biasanya dilakukan dengan membandingkan nilai perusahaan dengan perusahaan yang 'setara'. Nilai perusahaan yang setara ini bisa diperoleh dengan melihat harga sahamnya yang diperdagangkan di pasar modal (untuk perusahaan terbuka), atau dengan melihat histori transaksi merger dan akuisisi dari bisnis yang setara. 

Karena pendekatan ini menitikberatkan pada perbandingan dua entitas bisnis atau lebih, prinsip apple-to-apple harus dipegang teguh. Beberapa varian yang populer dari RV adalah Price To Book (P/B) dan Price to Earning (P/E) untuk perusahaan terbuka dan Sales (Revenue) to Book dan Profit Margin to Book untuk perusahaan tertutup.

Sementara pada teknik Discounted Cash Flow (DCF), nilai perusahaan adalah nilai kumulatif bersih saat ini dari seluruh arus kas yang dapat diperoleh perusahaan selama beroperasi. Biasanya dibuat beberapa skenario untuk mengukur nilai perusahaan. 

Ingin lebih jauh mendalami cara menilai (valuasi) perusahaan? Ikuti webinar Kontan Academy  Corporate Valuation Fundamental bersama Ikin Solihin, seorang praktisi keuangan. Kunjungi Kontan Store dan daftarkan diri Anda melalui link https://store.kontan.co.id/product/corporate-valuation-fundamental atau  bit.ly/KA-CVF  atau hubungi 0813 1111 6063.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×