kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.455.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.201   -46,00   -0,30%
  • IDX 7.721   -22,34   -0,29%
  • KOMPAS100 1.200   6,84   0,57%
  • LQ45 981   8,15   0,84%
  • ISSI 227   0,06   0,02%
  • IDX30 502   5,75   1,16%
  • IDXHIDIV20 606   6,60   1,10%
  • IDX80 137   0,99   0,73%
  • IDXV30 142   0,85   0,60%
  • IDXQ30 168   1,71   1,03%

AAJI: Pemangkasan Suku Bunga Berdampak Positif Pada Kinerja Produk Asuransi Jiwa


Senin, 23 September 2024 / 09:00 WIB
AAJI: Pemangkasan Suku Bunga Berdampak Positif Pada Kinerja Produk Asuransi Jiwa
ILUSTRASI. Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu. AAJI menilai penurunan suku bunga akan memberikan dampak positif terhadap kinerja produk asuransi jiwa.


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menilai penurunan suku bunga Bank Indonesia dan The Fed akan memberikan dampak positif terhadap kinerja produk asuransi jiwa.

"Dengan adanya penurunan suku bunga, daya beli masyarakat diperkirakan akan meningkat, yang pada akhirnya berpotensi memberikan dampak positif terhadap kinerja produk asuransi jiwa, baik untuk produk tradisional maupun unitlink," ungkap Direktur Eksekutif AAJI Togar Pasaribu kepada Kontan, Jumat (20/9). 

Sekedar info, Bank Indonesia (BI) telah memangkas suku bunga menjadi 6%. Hal sama juga dilakukan The Fed yang langsung memangkas suku bunga 50 basis poin menjadi 4,75%-5%. 

Togar menambahkan penurunan suku bunga BI menciptakan kondisi ekonomi yang lebih stabil, sehingga minat masyarakat terhadap produk unitlink diperkirakan akan mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya. 

Baca Juga: Asuransi Jagadiri Tempuh Berbagai Upaya untuk Persiapkan Implementasi PSAK 117

Namun, dia bilang perusahaan asuransi jiwa perlu tetap waspada dan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menempatkan investasi, sesuai dengan regulasi OJK.

"Selain itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan likuiditas guna mengantisipasi potensi klaim di masa depan," ujarnya.

Dalam menghadapi situasi tersebut, Togar menyebut AAJI akan terus mendorong perusahaan asuransi jiwa untuk berinovasi, baik dalam pengembangan produk unitlink maupun produk tradisional, agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.

Selain itu, dia mengatakan AAJI juga akan terus mendukung perusahaan asuransi jiwa dalam meningkatkan edukasi dan literasi masyarakat terkait produk unitlink melalui pemasaran yang lebih intensif. 

"AAJI sendiri akan terus mengedukasi masyarakat melalui berbagai program, seperti podcast NGOBRAS AAJI dan program lainnya yang diselenggarakan melalui platform media sosial AAJI," kata Togar. 

Berdasarkan data AAUI pada semester I-2024, pendapatan premi produk unitlink mengalami penurunan sebesar 13,6% menjadi Rp 36,68 triliun. Togar menjelaskan penurunan premi unitlink itu disebabkan oleh ketidakstabilan kondisi ekonomi yang berdampak pada melemahnya daya beli masyarakat. Namun, minat terhadap produk unitlink masih tetap ada. 

Baca Juga: Dorong Kinerja Asuransi Jiwa Kredit, Sequis Life Bakal Terapkan Sejumlah Strategi Ini

Selanjutnya: Klasemen Sementara MPL S14 Week 7, Simak Daftar Tim yang Lolos Playoff Sejauh ini

Menarik Dibaca: Promo McD x BCA Edisi 25 September 2024, Diskon Rp 25.000 via Drive Thru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×