kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akulaku Finance catat pembiayaan tumbuh lebih dari 40% sepanjang 2020


Kamis, 25 Februari 2021 / 15:30 WIB
Akulaku Finance catat pembiayaan tumbuh lebih dari 40% sepanjang 2020
ILUSTRASI. Akulaku Finance


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski pandemi Covid-19 memberi tekanan yang cukup dalam kepada seluruh sektor ekonomi pada tahun 2020, PT Akulaku Finance Indonesia tetap mampu mencatatkan pertumbuhan penyaluran pembiayaan lebih dari 40% di sepanjang tahun.

Akulaku Finance Indonesia juga dapat menjaga kualitas penyaluran pembiayaan dengan memastikan rasio non performing financing (NPF) nett berada di level yang sehat yaitu sebesar 0,05%.

Guna memperluas pembiayaan, Akulaku Finance menjalin kerjasama pembiayaan dengan empat bank perkreditan rakyat (BPR). Kerjasama tersebut memungkinkan Akulaku menyerap pendanaan sindikasi untuk disalurkan sebagai pembiayaan dengan skema executing.

Empat BPR yang terlibat di dalam kerjasama tersebut antara lain PT Bank Perkreditan Rakyat Supra Artapersada sekaligus bertindak sebagai Lead Arranger. Lalu PT Bank Perkreditan Rakyat Naribi Perkasa, PT Bank Perkreditan Rakyat Ciledug Dhana Semesta, dan PT Bank Perkreditan Rakyat Rama Ganda.

Presiden Direktur Akulaku Finance Indonesia Efrinal Sinaga mengungkapkan kerjasama dengan sejumlah BPR tersebut merupakan aksi korporasi dalam mewujudkan kolaborasi inklusif dengan mitra institusi lembaga keuangan dalam memperluas jangkauan akses pembiayaan yang lebih luas kepada masyarakat. Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan komitmen Akulaku dalam mewujudkan inklusi keuangan.

Baca Juga: Akulaku Finance sepakati kerja sama pembiayaan executing dengan empat BPR

"Melalui kerja sama ini, ruang lingkup kolaborasi pendanaan dan sinergi Akulaku Finance sebagai perusahaan pembiayaan berbasis digital dengan berbagai institusi keuangan menjadi semakin luas. Tidak hanya terbatas dengan bank umum tapi juga termasuk dengan merangkul BPR," ujar Efrinal dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2).

Ia menilai pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai kebiasaan masyarakat menjadi distancing dan serba digital, termasuk dalam hal mengakses layanan keuangan. Perubahan kebiasaan tersebut berdampak positif terhadap kenaikan penyaluran pembiayaan melalui platform daring.

Dengan demikian, mitra perbankan juga tetap dapat menjaga kualitas penyaluran kredit dengan bersinergi bersama perusahaan pembiayaan berbasis digital.

Kesepakatan ini juga menunjukkan peningkatan kepercayaan dari industri perbankan kepada Akulaku Finance Indonesia setelah meraih sejumlah kesepakatan kerjasama pembiayaan pada tahun 2020 dengan sejumlah bank seperti Bank Jago, Bank OCBC NISP, dan Bank JTrust.

“Kepercayaan dari sektor perbankan ini akan terus kami jaga dengan terus mempertahankan kualitas penyaluran pembiayaan melalui implementasi manajemen mitigasi risiko yang baik," jelasnya.

Selanjutnya: Akulaku siapkan voucher miliaran rupiah di Harbolnas 12.12

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×